Total Terjadi 65 Kali Gempa Susulan di Sumur Pandeglang

Gempa susulan yang terjadi di Sumur, Pandeglang, Kamis (11/05/2023) dengan magnitudo 3,3.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hingga Kamis (11/05/2023) pukul 06.00 WIB, telah terjadi sebanyak 65 kali gempa susulan di Sumur, Pandeglang, Banten, sejak gempa magnitudo (M) 5,4 pada Rabu pukul 11.24 WIB mengguncang wilayah tersebut.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari grup siaga wisata 2023, puluhan gempa susulan terjadi pasca gempa utama. Namun demikian, kekuatan gempa susulan cenderung melemah dan frekuensinya semakin jarang.

 

Untuk diketahui, titik koordinat gempa berada di 6,74 lintang selatan (LS) dan 104,90 bujur timur (BT) dan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di 78 km Barat Laut Sumur-Banten.

 

Baca: Jalur Wisata di Pandeglang Gelap Gulita, Ini Kata Dishub Pandeglang

 

Baca: Warga dan Pelaku Wisata Bersihkan Sampah di Sepanjang Jalan Pantai Carita

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, menyebut, gempa Sumur ini tidak menimbulkan kerusakan. Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Pandeglang, Lilis mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan dari Camat maupun relawan terkait adanya kerusakan infrastruktur maupun korban jiwa atau luka-luka.

 

Gempa ini juga, lanjutnya tidak menimbulkan tsunami, namun masyarakat pesisir selatan Pandeglang diminta senantiasa waspada.

 

“Kami minta warga tetap tenang dan tidak panik gempa tektonik berkekuatan 5,4 itu, karena relatif aman dan tidak menimbulkan tsunami,” kata dia. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.