Penutupan Jalur Mengger-Caringin, Banyak Pengendara Belum Tahu

Jalur Mengger-Caringin ditutup karena ada perbaikan jalan di tanjakan Bangangah, Kabupaten Pandeglang, Banten.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Rekayasa lalu lintas (lalin) penutupan jalur Mengger-Caringin telah dimulai sejak Senin (21/08/2023) dini hari. Namun, beberapa pengendara belum sepenuhnya mengetahui penutupan jalan untuk pekerjaan di tanjakan Bangangah ini sehingga mereka memutar balik kendaraannya.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pekerjaan ini dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten, melalui kontraktor pelaksana PT Bangun Azima Cipta Mandiri.

 

Tanjakan Bangangah yang menghubungkan Kecamatan Mandalawangi dengan Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang ini, rencananya akan dilebarkan dan dibuat lebih landai.

 

Pelaksanaan penutupan ruas jalan Mengger-Caringin secara total berlangsung selama empat bulan dari hari Senin, 21 Agustus 2023 sampai 30 November 2023. Penutupan secara total berada di tanjakan Bangangah sepanjang 700 meter.

 

Salah satu pengendara roda dua, Salman mengaku belum mengetahui perihal penutupan ruas jalan ini. Ia mengaku hendak ke Carita dari Pandeglang.

 

“Ditutup ternyata, saya kurang hapal jadi lewat Mengger mau ke Carita,” kata dia.

 

Salah satu warga sekitar, Hendra mengaku masih ada pengendara yang belum mengetahui perihal penutupan jalur ini. Sebelum tanjakan, kata dia, ada jalan alternatif yang biasa digunakan oleh warga setempat.

 

“Masih ada yang belum tahu, terutama yang bawa motor. Mereka itu ada yang dari jalur Mandalawangi mau ke arah Caringin. Tapi yang apal jalur alternatif biasanya langsung masuk ke jalan kampung,” ujarnya.

 

Baca: KPU Tetapkan DCS Anggota DPRD Pandeglang, Ini Linknya

 

Baca: SK PNS Jadi "Kado" Bagi 425 CPNS di Pandeglang

 

Sementara dikutip dari radarbanten.co.id, pada segmen 2 akan dilaksanakan pelebaran badan jalan pada tanjakan Bangangah, peningkatan badan jalan dengan rigid pavement, perbaikan elevasi, dan pekerjaan pemancangan sheet pile.

 

Pelaksana PT Bangun Azima Cipta Mandiri, Soni mengungkapkan, penutupan jalan Mengger-Caringin karena ada pengerjaan konstruksi segmen 2 di tanjakan Bangangah.

 

“Tanjakan Bangangah itu akan dilandaikan. Akan dilakukan pengerukan badan jalan sedalam 7 sampai 8 meter,” ucapnya.

 

Selama pengerjaan itu, jalan satu-satunya harus menutup total ruas jalan Mengger-Caringin. Kalau dilaksanakan pengerjaan buka tutup tentunya berisiko terjadi kecelakaan.

 

“Karena kan alatnya juga gede jadi nutup jalan. Jadi enggak bisa dilakukan buka tutup jalan. Jadi kami memohon maaf selama pengerjaan ini pastinya akan menganggu aktivitas masyarakat. Karena harus diberlakukan pengalihan arus lalu lintas,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.