Warga Desak Penertiban Bangunan Menjorok ke Sungai

Labuan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, diminta segera menertibkan sejumlah bangunan di sekitar bantaran sungai Cipunten Agung, Kecamatan Labuan. Pasalnya, posisi bangunan itu saat ini banyak yang sudah menjorok ke bagian sepadan sungai, sehingga dinilai menyalahi ketentuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Salah satu warga Labuan, Hikmat mengatakan, saat ini bangunan yang berdiri di sekitar wilayah bantaran sungai Cipunten Agung, khususnya muara Cisanggoma banyak yang sudah menjorok ke bagian spadan sungai. Bangunan-bangunan itu kebanyakan kios atau toko, karena memang wilayah muara itu dekat dengan pasar Labuan.

Menurutnya, banyaknya bangunan yang menjorok ke spadan sungai membuat badan sungai menjadi menyempit. Hal ini juga diperparah dengan banyaknya tumpukan-tumpukan sampah di sungai, sehingga wajar apabila hujan turun debit air cepat naik, sehingga terjadi banjir.

Kepala Desa (Kades) Teluk, Kecamatan Labuan, Dadi Supriadi, membenarkan kondisi itu. Ia mengaku, di bantaran sungai Cipunten Agung saat ini banyak bangunan yang menjorok ke spadan sungai, sehingga apabila hujan turun debit air pun cepat naik ke permukaan. (Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.