Harga Sembako Mulai Merangkak Naik

Pandeglang - Ketidakpastian waktu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah, berimbas pada stabilitas harga Kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di sejumlah pasar di wilayah Pandeglang. Buktinya, sepekan terakhir ini harga sembako dipasaran sudah latah terlebih dahulu, dengan mengalami kenaikan sebesar 5 hingga 10 persen.

Sejumlah pedagang di pasar Badak Pandeglang mengaku, saat ini harga sembako memang sudah mulai mengalami kenaikan. Kenaikan harga itu diantaranya terjadi pada tomat dan cabe kriting, dimana biasanya harga tomat jenis apel dijual seharga Rp 3.000\Kg, saat ini naik menjadi Rp 5.000/Kg.

Menurut pedagang, kenaikan harga itu sudah mulai terjadi sejak beberapa pekan lalu, tepatnya sejak adanya rumor pemerintah akan menaikan harga BBM. Hanya saja pihaknya tidak mengetahui alasan kenapa harga-harga naik. Namun, kemungkinan naiknya harga-harga itu dipicu adanya rencana pemerintah menaikan harga BBM.

Sementara, adanya kenaikan harga sembako itu sejumlah Ibu Rumah Tangga (IRT) saat ini kebanyakan lebih mengurangi biaya belanja sembako kebutuhan sehari-hari. Di pasar Labuan pun, harga sembako sudah mulai naik. Misalnya, harga tomat mencapai Rp 7.000/Kg dari sebelumnya Rp 4.000/Kg. Sementara daging ayam menjadi Rp 26-27.000/Kg, dari sebelumnya Rp 24-25.000/Kg. (Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.