8 Cara Mengusir Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Saat sedang asyik-asyiknya makan ikan, tiba-tiba duri ikannya menyangkut di tenggorokan. Pasti hal ini sangatlah mengganggu dan menjengkelkan.
Menelan tulang ikan, atau bahasa umumnya disebut ketulangan, membuat tenggorokan jadi sakit saat menelan makanan. Bahkan kalau tidak segera dilakukan tindakan akan menyebabkan iritasi serta pembengkakan di wilayah tenggorokan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda tak sengaja menelan tulang ikan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Jangan menggunakan tangan!
Jangan sekali-kali Anda mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih lagi jika Anda tidak dapat menjamin kebersihan tangan Anda.

2. Batuk
Hal pertama yang bisa Anda coba adalah batuk. Dalam beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di dalam tenggorokan.

3. Minum air garam
Jika dengan batuk duri masih belum hilang, Anda bisa langsung mengambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam. Lalu minum air campuran garam tersebut. Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

4. Telan sekepal nasi
Anda juga bisa menelan sekepal nasi hangat tanpa dikunyah. Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil. Ingat, jangan terlalu besar karena Anda berisiko tersedak. Jangan lupa siapkan segelas air agar membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.