5 Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

        5 Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Tubuh



Menjaga kesehatan tubuh sangat penting untuk dilakukan bukan hanya di hari-hari tertentu atau saat kita menyadari tubuh sudah mulai lelah namun baiknya dilakukan setiap hari.

Masih ada beberapa orang yang kurang peduli dengan kesehatan dan melakukan pola hidup yang buruk tentu ini akan berdampak negatif terhadap kesehatan. 

Menjaga kesahatan akan membawa banyak manfaat selain menjaga kondisi badan tetap prima juga terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kapan saja. Tidak sulit untuk dilakukan cukup dengan niat dan rutin melakukannya.

Mulailah jaga kesehatan tubuh dari hal-hal yang sederhana seperti berikut ini: 

  1. Menjaga Pola Tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan tubuh terkena penyakit dan juga mengganggu konsentrasi. Untuk itu kita dianjurkan tidur minimal 8 jam sehari.

Jika tidak ada pekerjaan yang mengharuskan begadang maka bisa tidur sebelum jam 10 malam dan bangun pagi sebelum matahari terbit. Bangun tidur terlalu siang justru akan membuat badan terasa berat dan lelah. Biasakan untuk tidur cukup dan berkualitas.

  1. Minum Air Putih
Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Ketika sampai mengalami dehidrasi badan akan merasakan lemas, sakit tenggorokan hingga pusing.


  1. Olah Raga Rutin
Berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah berbagai penyakit seperti stroke, mengurangi stres, dan juga dapat mengendalikan berat badan sehingga badan menjadi lebih bugar. Lakukan secara rutin mulai dari yang ringan seperti berjalan kaki, jangan terlalu memaksakan tubuh untuk langsung berolahraga berat.


  1. Konsumsi Sayur dan Buah
Di dalam sayur dan buah terdapat kandungan mineral, vitamin serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Studi juga menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, obesitas, dan penyakit lainnya.


  1. Menjaga Kebersihan
Agar terhindar dari penyakit bisa dimulai dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan di antaranya, mandi setiap hari, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan membuang sampah pada tempatnya.


Itulah 5 hal sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh.

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.