Kementerian PUPR Serahkan SPAM Tanjung Lesung kepada Pemkab Pandeglang Tingkatkan Layanan Air Minum

Bupati Pandeglang, Irna Narulita bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, M. Yoza Habibie saat menandatangani berita acara serah terima pengelola sementara instalasi pengolahan air di Pendopo, Senin (31/07/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menyerahkan secara resmi pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Banten.

 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR, Muhammad Yoza Habibie mengatakan, pihaknya bersama Pemkab telah melakukan penandatanganan berita acara serah terima pengelola sementara SPAM KSPN Tanjung lesung.

 

“Setelah dilakukan penandatanganan ini, itu berarti SPAM KSPN Tanjung Lesung resmi kami serahkan kepada Pemkab Pandeglang,” kata dia, Senin (31/07).

 

Menurut dia, meskipun pengelolaan sementara SPAM KSPN sudah diserahterimakan, akan tetapi pihaknya akan terus membantu pengelolaan dan pengoperasianya, seperti memberikan pelatihan dan bimbingan kepada jajaran staf Perumdam Tirta Berkah selaku pengelola agar SPAM KSPN ini segera beroperasi.

 

“Kami berharap SPAM KSPN Tanjung Lesung ini bisa dikembangkan, meskipun instalasi belum sampai ke KEK dan hal itu merupakan tanggung jawab kami. Yang jelas keberadaan SPAM ini semoga bisa memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat Pandeglang khususnya wilayah selatan,” imbuhnya.

 

Baca: 10 Nama Lulus Tes Kesehatan dan Wawancara, Selanjutnya Uji Kelayakan dan Kepatuhan

 

Baca: Target 3 Besar MTQ Banten Dicapai Kafilah Pandeglang

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menuturkan, keberadaan SPAM KSPN Tanjung Lesung merupakan bagian akselerasi pembangunan yang berdampak pada pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Pandeglang khususnya di wilayah selatan.

 

“Selain memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat, SPAM KSPN ini bisa memberikan kontribusi besar dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah,” ucap dia.

 

Dengan tersedianya air bersih, kata Irna, juga bisa mencegah penurunan tanah yang banyak disebabkan pengambilan air bawah tanah berlebihan oleh masyarakat.

 

Sementara Dirut Perumdam Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, Euis Yuningsih mengungkapkan, optimalisasi pelayanan SPAM KSPN Tanjung Lesung sudah dipersiapkan dari awal.

 

“Ada sekitar 1.776 sambungan rumah di wilayah Panimbang akan segera menerima manfaat SPAM KSPN Tanjung Lesung awal bulan Agustus ini,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.