Wujudkan Ketahanan Pangan, Bupati Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Bupati Pandeglang, Irna Narulita dalam kegiatan Sekolah Lapang di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang.

KRAKATAURADIO.COM, BOJONG - Dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Pandeglang, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur dengan menanam berbagai jenis tanaman produktif.

 

Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan kepada para peserta Sekolah Lapang (SL) di Kampung Sukatani Blok Bebengan, Desa Mekarsari, Kecamatan Bojong, beberapa waktu lalu.

 

“Lahan tidur harus diberdayakan untuk tanaman produktif guna membantu pemenuhan pangan keluarga,” kata dia.

 

Irna menyampaikan, meningkatkan pangan di Kabupaten Pandeglang merupakan tugas seluruh pihak, karena dari membuka lahan tidur ini banyak manfaatnya.

 

Ia menegaskan, lahan tidur dapat dikembangkan untuk berbagai jenis tanaman komoditas seperti jagung, ubi, sayur mayur, buah-buah maupun jenis tanaman yang memiliki nilai manfaat dan ekonomis.

 

Menurut dia, memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong untuk tanaman merupakan salah satu upaya memperkuat ketahanan pangan masyarakat.

 

“Lahan tidur jangan dibiarkan, harus dimanfaatkan baik di kawasan kebun atau di sekitar rumah. Oleh karena itu kami mengajak masyarakat agar memanfaatkan lahan tidur untuk kebutuhan pangan keluarga,” ujarnya.

 

Baca: Ratusan Siswa Pramuka Antusias Ikuti Gelora Mangrove Pandeglang yang Digelar YPUI

 

Baca: Cari Bakat Terpendam, Percasi Pandeglang Gelar Turnamen Catur Non Master

 

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang, Uun Junandar mengatakan, sekolah lapang terbukti sangat efektif dalam proses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para petani, melalui ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berdampak pada kemajuan sektor pertanian.

 

Ia mengatakan, ada banyak cara untuk meningkatkan pangan. Apalagi, Pandeglang merupakan salah satu daerah yang kaya dengan pangannya.

 

“Kami berharap sekolah lapang bagi para kelompok tani ini mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani di kabupaten Pandeglang,” imbuhnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.