Ketua DPRD Tekankan Pemkab Pandeglang Harus Genjot PAD

Ketua DPRD Pandeglang, Tb. Udi Juhdi.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Ketua DPRD Pandeglang, Tb Udi Juhdi mengatakan, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (RAPBD) Pandeglang Tahun Anggaran 2024 akan difokuskan pada beberapa sektor, salah satunya infrastruktur yang menjadi visi misi Bupati. Namun dirinya meminta agar Pemkab terus menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Diketahui, DPRD dan Bupati Pandeglang menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota RAPBD Tahun 2024 dan Pandangan Umum Fraksi Terhadap Nota RAPBD 2024, di gedung DPRD, Rabu (25/10/2023).

 

“Kalau untuk fokus kemananya tentunya ini merupakan bagian dari tindak lanjut visi misi bupati yaitu diantaranya adalah peningkatan infrastruktur,” kata dia, Kamis (26/10).

 

Namun demikian, lanjut Udi, setelah penyampaian nota RAPBD ini nanti akan ditindaklanjuti melalui pembahasan antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

 

“Nanti arah kebijakannya kemana kemana nanti disampaikan karena prosesnya masih panjang. Nanti ada juga pembahasan antara komisi dengan OPD leading sektor,” ujarnya.

 

Baca: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Pandeglang Gelar Konferensi Pers

 

Baca: Bupati Pandeglang Saksikan Uji Bakar Co-Fairing BBJP di PLTU Labuan

 

Politisi Gerindra ini menerangkan, komposisi RAPBD Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2024 diproyeksikan sebesar Rp 1,7 triliun.

 

“Dari manakah angka sebesar 1,7 triliun itu, itu diantaranya dari PAD kita diproyeksikan Rp 300 miliar terus yang lainnya dari transfer pusat Rp 1,4 triliun,” jelasnya.

 

DPRD sendiri menekankan agar Pemkab Pandeglang dapat menggenjot PAD. Pemkab diminta serius dalam meningkatkan ekonomi masyarakat agar dapat menumbuh kembangkan usaha kecil dan mikro.

 

“Kami selalu mengevaluasi tentunya, kami push terus untuk mendorong pemerintah kabupaten Pandeglang agar melakukan upaya-upaya dan langkah strategis untuk bagaimana caranya biar signifikan bisa meningkatkan PAD di kabupaten Pandeglang,” imbuh dia.

 

Baca: Rumah Warga di Cikeusik Roboh, Warga Gotong Royong Bangun Kembali

 

Sementara, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan, RAPBD Tahun Anggaran 2024 disusun dengan mengacu prinsip keterbukaan.

 

“Partisipasi akuntabilitas dan efisiensi serta bersifat antisipatif, responsif dan fleksibel. Dengan tetap mencerminkan optimisme dan kehati-hatian,” ucap dia.

 

Bupati menjelaskan, hal itu perlu dilakukan mengingat, APBD berperan sentral sebagai motor pengungkit pemulihan ekonomi, melindungi masyarakat dan sekaligus mendorong kelangsungan dunia usaha.

 

“Tema pembangunan kabupaten Pandeglang pada tahun anggaran 2024 adalah pemantapan infrastruktur wilayah dan layanan publik. Untuk mewujudkannya maka prioritas pembangunan tahun anggaran 2024 diarahkan pada meningkatkan kualitas infrastruktur strategis,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.