Ternyata Pandeglang Miliki 14 Motif Batik, Ini yang Paling Populer dan Telah Dipesan Menteri Sandiaga Uno

Batik khas Pandeglang dengan motif Badak Bercula.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kabupaten Pandeglang, Banten, memiliki sebanyak 14 motif batik yang telah terdaftar di Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Motif yang paling populer yakni motif badak bercula. Belasan motif batik ini dibuat berdasarkan penelitian dari kearifan lokal.

 

Ketua Asosiasi Profesi Batik Tenun Nusantara Buana (APBTNB) Kabupaten Pandeglang, Siti Haeriah mengatakan, 14 motif batik tersebut telah memiliki HaKI dan sudah resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pada tahun ini rencananya sebanyak 20 motif yang terdiri dari motif akreologi dan kearifan lokal juga telah didaftarkan mendapatkan HaKI.

 

“Sudah kita masukan datanya dan insha Allah tercover pada tahun 2023 dan 2024,” kata dia, Senin (02/10).

 

Wanita yang akrab di sapa Hj. Enong ini menerangkan, 14 motif yang diciptakan ini berdasarkan hasil penelitian, diantaranya motif Pandeglang Berkah, Pandeglang Lumampah, Pandeglang Tawadhu, Jojorong Sapasung, Kaceprek Sapalengpeng, Kadu Sakangkot, Gula Kawung Sakojor.

 

Selain itu terdapat motif batik Rampak Bedug, Taleus Sabeuti Pandan Sadapur, Peuteuy Sapapan Jengkol Sapalekpek, Leuit Salisung Pare Sapocong, Badak Sacula, Kacapi Saruntuy, dan motif batik Cangkaleng Sasiki.

 

Baca: PWI Pandeglang Sambangi Sekolah Edukasi Pelajar Soal Literasi Media

 

Baca: Pengerjaan Jembatan Cikadueun Hampir Rampung, Ini Harapan Pengendara

 

Ia mengakui, batik asal Pandeglang ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Padahal, kata dia, batik khas sunda ini memiliki beragam motif yang sangat indah dan tidak kalah dengan batik lainnya yang sudah terkenal. Selain itu, kendala lainnya yakni dalam hal alat dan akses belanja.

 

“Sebenarnya di Pandeglang ini peluangnya besar namun masih kendala dengan peralatan dan juga kendalanya kalau kita mau membuat ya mesti belanjanya mesti jauh, belum ada di Pandeglang,” ujarnya.

 

Untuk memperluas dan memperkenalkan batik khas Kabupaten Pandeglang, lanjutnya, dibutuhkan kolaborasi antara pelaku dengan Pemerintah Daerah (Pemda), agar promosi batik ini bisa lebih luas lagi, baik tingkat Provinsi Banten maupun ke kancah nasional.

 

“Peran pemerintah juga harus terus terlibat dan dana mesti dialokasikan untuk belajar membatik agar batik di Pandeglang semua bisa tercover dan masyarakat lebih mencintainya,” imbuhnya.

 

Baca: Melanggar Aturan, Ratusan Alat Peraga di Pandeglang Ditertibkan

 

Dari belasan motif batik yang ada di Pandeglang, batik dengan motif Badak Sacula dianggap yang populer. Hal ini karena motif tersebut yang paling banyak dipesan. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga telah memesan motif batik tersebut pada tahun lalu.

 

“Favorit itu untuk khas Pandeglang bahkan Banten sudah mulai mengikuti. Hanya nanti oleh kita di kombinasi lagi dengan motif-motif yang ada di Pandeglang seperti halnya pada tahun kemarin itu mendapatkan pesanan dari pak Sandiaga Uno,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.