160 Pengawas TPS Dilantik Panwascam Labuan, Ini Tugas Fungsinya

Proses pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Gedung PGRI Labuan, Kabupaten Pandeglang, Minggu (21/01/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Labuan, Kabupaten Pandeglang, resmi melantik sebanyak 160 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Ada sebanyak 85 laki-laki dan 75 perempuan yang dilantik di Gedung PGRI Labuan, Minggu (21/01/2024).

 

Pelantikan ini dihadiri unsur Muspika Kecamatan Labuan, ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Labuan, Ucu Buhori, dan ratusan PTPS.

 

Ketua Panwascam Labuan, Andar Kusnandar mengatakan, sebelumnya calon pengawas tersebut telah mengikuti tahapan seleksi administrasi dan wawancara.

 

“Dari proses seleksi diketahui yang mendaftar berjumlah 182 orang terus kemudian kita lakukan seleksi administrasi dan yang lolos itu 178, dan sesuai dengan kebutuhan TPS di Labuan itu berjumlah 160 karena memang basisnya 1 TPS itu kalau pengawas 1 orang,” kata dia.

 

Andar menjelaskan, salah satu kemampuan taktis seorang PTPS adalah mampu memetakan kerawanan saat pungut hitung suara di TPS.

 

“Tugas pokoknya itu pertama mengawasi persiapan terkait pemungutan suara, tentunya juga kalau ada dugaan pelanggaran nanti di TPS itu juga bisa menuangkan. Intinya lebih kepada persiapan pemungutan di TPS itu sendiri,” ujarnya.

 

Baca: Ribuan Warga Ajukan Pindah Memilih ke Pandeglang

 

Baca: Bawaslu Pandeglang Ingatkan KPU Soal Distribusi Logistik ke Daerah Rawan Bencana

 

Dia menambahkan, fungsi PTPS juga mengawal logistik baik sebelum hari pemungutan suara sampai selesai.

 

Diketahui, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) pada Pemilu 2024 ini memerlukan sebanyak 3.759 PTPS yang tersebar di 339 Desa dan Kelurahan, 35 Kecamatan, di Kabupaten Pandeglang. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.