Penanganan Berkelanjutan Diperlukan Guna Tanggulangi Persoalan Sampah di Teluk

Tumpukan sampah di pantai Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, dibersihkan ratusan orang, Rabu (24/04/2024).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang, Ratu Tanti Darmiasih menuturkan, perlu adanya penanganan berkelanjutan terkait persoalan sampah yang menumpuk di Pantai Teluk, Kecamatan Labuan.

 

“Jadi intinya memang penanganan sampah di Teluk ini tidak bisa hanya dalam satu waktu saja jadi memang harus berkelanjutan itulah kenapa kemarin juga kita sudah melakukan hal yang sama di bulan puasa. Alhamdulillah banyak komunitas, masyarakat mendukung bersama-sama membersihkan sampah,” kata dia.

 

Menurut dia, penanganan berkelanjutan ini mengingat banyaknya tumpukan sampah, baik sampah kiriman dari laut maupun sampah yang dibuang di aliran sungai.

 

Sampah tersebut berasal dari sampah yang ditinggalkan oleh wisatawan dan sampah rumah tangga.

 

“Ada sampah baru ada yang sampah lama jadi kita terus bersih-bersih. Dengan berbagai lintas sektor kita lakukan bersih-bersih pantai kembali dan ibu bupati luar biasa dengan forkopimda dan juga dewan serta OPD-OPD terkait luar biasa perhatiannya pada kondisi Teluk,” ujarnya.

 

Baca: Bupati Irna: Penanganan Sampah Pantai Teluk Perlu Kolaborasi

 

Baca: Ribuan Siswa dan Guru SMAN 3 Pandeglang Sarapan Bareng Indomie

 

Pihaknya mengaku selalu mengagendakan kegiatan Selasa Bersih. Namun dengan kondisi cuaca alam dan faktor lainnya, membuat cerukcuk yang sebelumnya dibangun menjadi ambrol.

 

“Jadi sebetulnya ini sudah rutinitas kita hanya tadi itu adanya angin kencang dan sebagainya, sampahnya terbawa kembali. Dengan upaya bersama mudah-mudahan kedepan kita akan menunjukan Teluk yang bebas dari sampah dan ini gak mudah memang tapi butuh keseriusan kita,” tutur dia.

 

Ia menekankan, persoalan sampah ini bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan tugas bersama baik masyarakat, aktivis lingkungan dan pihak lainnya.

 

“Banyaknya komunitas-komunitas peduli lingkungan kemudian banyaknya masyarakat yang sudah sekarang sangat peduli bahwa lingkungan bersih dan sehat itu adalah tanggung jawab kita bersama,” katanya.

 

Ia menjelaskan, sampah yang menumpuk itu kini mulai kembali dilakukan pembersihan, bersama seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, TNI dan Polri.

 

Pihaknya bersama unsur terkait sudah menyepakati beberapa langkah yang akan dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.