BMKG dan BPBD Sosialisasikan Sirine Tsunami

Labuan - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang menggelar acara Sosialisasi Pemanfaatan Sirine berupa sirine peringatan dini terhadap bencana tsunami di Desa Teluk Kecamatan Labuan, pada Kamis (14/03/2013).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Banten, Ino S Rawita, Kepala BPBD Pandeglang, Encep Suryadi, perwakilan dari BMKG Pusat, BMKG Serang, beserta satuan Muspika Kecamatan Labuan dan Carita.

Kepala BPBD Banten Ino S Rawita mengatakan, sosialisasi ini ditujukan untuk memberikan peringatan kepada masyarakat di wilayah yang rawan terhadap bencana khusunya bencana tsunami, agar dapat merespon dan dapat bertindak sesuai dengan apa yang telah disosialisasikan sebelumnya.

Ino menambahkan, pihaknya juga akan secara rutin menyalakan sirine tersebut serempak di seluruh Indonesia pada tanggal 26 pukul 10.00 WIB, yang bertujuan untuk mengecek agar alat tersebut masih berfungsi.

Kepala Gempa Bumi dan Tsunami pada BMKG Pusat, Suhardjono mengatakan, masyarakat beserta pihak terkait diharapkan dapat segera merespon bunyi dari sirine tersebut jika terjadi peringatan akan terjadinya bencana. (Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.