DKP Pandeglang Kembangkan Pembenihan Ikan Air Tawar

Pandeglang - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada 2013 akan mengembangkan usaha pembenihan ikan air tawar guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sekretaris DKP Kabupaten Pandeglang Bedjo mengatakan, usaha pembenihan ikan itu, dilaksanakan tiga Unit Pelayanan Teknis Balai Benih Ikan (UPT) BBI miliki DKP, yakni BBI cipeucang, Banjar, dan Cikoromoy.

Menurutnya, usaha pembenihan ikan yang akan dilaksanakan adalah untuk ikan mas sinyonya, ikan lele dumbo, lele sangkuriang dan ikan nila.

Jenis ikan tersebut banyak dikembangkan oleh peteni pembudidaya ikan air tawar di daerah tersebut. Pembenihan itu, bekerjasama dengan Balai Besar Benih Sukabumi, Provinsi Jawa Barat yang telah berpengalaman karena telah lama melaksanakan usaha tersebut.

Mengenai sistem kerja sama, DKP Pandeglang akan meminjam indukan dari balai benih tersebut untuk dipijahkan atau ditelurkan. Setelah proses tersebut, akan dikembalikan. Selain itu, DKP Pandeglang siap menyuplai benih ke Sukabumi dan sekitarnya, jika pasokan dari Balai Besar Benih Sukabumi tidak mencukupi. Selama ini, pengadaan benih dari bantuan pemerintah membeli dari pihak ketiga sehingga tidak ada retribusi atau pemasukan bagi daerah. (Mudofar/937)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.