» » Tahura Banten Siap Ditata Untuk Kawasan Konservasi dan Wisata


Ilustrasi Taman Hutan Raya (Tahura).

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) yang ada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten siap dijadikan sebagai kawasan konservasi alam, kepentingan penelitian dan untuk kawasan pariwisata. (Baca : Pemprov Banten Resmikan Kecamatan Tahura di Kecamatan Carita)

Kepala Balai Pengelolaan Tahura Banten, Asep Mulya Hidayat mengatakan, rencana kedepan untuk menjadikan Tahura sebagai kawasan tersebut sudah dicanangkan pihaknya, karena keberadaan Tahura di Carita sendiri sangat strategis untuk kegiatan pelestarian alam dan pariwisata.

“Prospek tahura sudah bagus tapi kita harus siap untuk menata dulu, data kunjungan sudah banyak. Sebetulnya fungsinya kan memang ada untuk wisata atau rekreasi, tetapi untuk konservasi lebih diutamakan. Jangan sampai kita menerima kunjungan banyak tapi lokasi yang dikunjungi belum ramah wisata,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, kawasan Tahura yang mempunyai luas area 1.590 hektare ini akan diatur pembagian wilayahnya.

“Kita sudah melakukan penataan blok. Nanti ada blok konservasi, pemanfaatan, dan lainnya. Di wisata itu nanti akan kita atur. Kemudian kita juga akan bekerjasama, kedepan ini akan menjadi kewenangan Kabupaten,” tambah dia.

Dalam jangka waktu dekat ini, kata dia, akan melakukan penataan dan revitalisasi. Untuk itu, pihaknya akan menutup kawasan Tahura agar kegiatan penataan bisa berjalan lancar.

“Rencana kami akan menutup kawasan dulu mulai 1 April tapi untuk pengunjung, bukan untuk masyarakat. Masyarakat yang punya aktifitas di hutan silahkan, tapi para pengunjung kita larang masuk dulu, agar memberikan (waktu) penataan dan mensosialisasikan tata cara perizinan untuk masuk tahura,” jelas dia. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply