Secara Ekonomi ataupun Kesehatan, ASI Eksklusif Lebih Bagus Dibandung Susu Formula

ASI atau Air Susu Ibu merupakan minuman wajib untuk setiap bayi yang baru lahir.  Pemberian ASI yang eksklusif pada bayi dapat memberikan manfaat yang sangat banyak baik untuk ibu maupun bayi. Namun sayangnya, banyak orang tua yang belum sadar akan pentingnya pemberian ASI untuk anaknya. Padahal, manfaat ASI eksklusif sangat banyak sekali, baik di lihat dari segi ekomoni maupun segi kesehatan Ibu dan anak. Sebelum membahas mengenai ASI, sebaiknya kamu mengenali jenis ASI yang berguna untuk mendukung pemberian ASI eksklusif.
Untuk lebih jelasnya, berikut jenis ASI dan manfaat untuk bayi:

Kolostrum
Kolostrum adalah cairan yang keluar dari payudara sejak hari kelahiran hingga 5 hari ke depan. Cairan kental berwarna kekuningan ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding karbohidrat dan lemak. Kolostrum sendiri kaya akan protein yang berfungsi untuk membentuk antibodi agar tubuh terhindar dari penyakit. Dan kolostrum seringkali disebut sebagai imunisasi alami untuk bayi yang baru lahir.

Hindmilk
Jenis ASI yang satu ini diproduksi setelah kolostrum, yaitu pada hari ke 4 hingga 10 setelah bayi lahir.  Hindmilk ini atau biasa disebut ASI transisi mengandung immunoglobin protein dan laktosa dengan konsentrasi yang rendah dari pada kolostrum. Hindmilk ini memiliki jumlah kalori dan kandungan yang tinggi. Jika dibandingkan dengan susu kolostrum, hindmilk memiliki warna yang lebih putih seperti susu pada umumnya.

Foremilk
Ini adalah ASI yang diproduksi sejak hari ke-14 dan seterusnya. Kandungan karbohidrat dan lemak didalamnya lebih tinggi. Selanjutnya komposisi mulai konstan. Formilk memiliki warna putih yang kental.
Pemberian ASI ekslusif tidak hanya memberi manfaat untuk bayi, namun juga untuk ibu. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan terhindar dari risiko-risiko kematian bayi. Nah, berikut manfaat-manfaat yang dapat diberikan oleh ASI untuk anak.
  1. Meningkatkan Kecerdasan
Manfaat pemberian ASI pada bayi yang paling utama yaitu dapat meningkatkan kecerdasan anak. Tidak hanya kecerdasan otak saja, tapi ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan mental anak. Di dalam ASI terdapat zat yang tidak bisa ditemukan pada susu manapun ataupun makanan apapun.
Zat khusus inilah yang dapat meningkatkan kecerdasan. Bisa dilihat anak yang diberi ASI secara eksklusif sangat berbeda dengan anak yang hanya diberikan susu formula biasa.
  1. Menambah Imun Tubuh Bayi
Manfaat pemberian ASI eksklusif yaitu dapat meningkatkan kekebalan pada bayi. Manfaat ASI dibanding susu formula yaitu ASI bisa menambah sistem imun atau kekebalan pada bayi. Bayi yang hanya diberi susu formula kekebalan tubuhnya akan sangat kurang. Hal ini tentu bisa dibandingkan bayi yang hanya diberi susu formula akan mudah terserang penyakit.
  1. Lebih Terjamin Mutunya
ASI juga sudah terjamin mutunya. Selain itu, ASI keluar langsung dari tubuh ibu dan tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk bayi. ASI juga lebih ekonomis karena gratis dan kualitasnya dijamin bagus.
  1. Mencegah Infeksi Usus
Manfaat ASI eksklusif pada bayi selanjutnya yaitu dapat mencegah infeksi usus pada bayi. Sistem pencernaan bayi masih sangat rentan, karenanya tidak semua susu formula cocok dengan kondisi tubuh bayi, susu yang paling cocok untuk bayi adalah ASI. ASI bisa mencegah infeksi yang mungkin terjadi di usus pada bayi, karena ASI memberikan sistem imun alami pada bayi.
Sedangkan, untuk Ibu, ASI dapat

a)     Mempererat Bonding antara Ibu dan Anak
Tidak hanya membuat ibu lebih sehat hubungan anata ibu dan anak bisa terjalin dengan baik melalui pemberian ASI.

b)    Mengurangi Resiko Kanker Ovarium
Manfaat berikutnya adalah dapat mengurangi risiko terkena kanker ovarium. Hingga saat ini banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengamati hubungan antara infertilitas dan tidak menyusui. Hasilnya pun mengejutkan, yaitu seorang ibu yang tidak menyusui dapat meningkatkan risiki kanker, baik kaner ovarium.

c)     Membuat Ibu Lebih Sehat
Tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja, ibu juga mendapatkan manfaat yang luar biasa dari pemberian ASI pada anak. Manfaat ASI bagi ibu dan anak yaitu dapat membuat ibu lebih sehat. Tidak hanya itu, hubungan antara ibu dan anak bisa terjalin dengan baik melalui pemberian ASI. Dan juga masa menyusui merupakan waktu yang tepat untuk mengurangi berat badan. Nah, bagi kamu yang mengalami kenaikan berat badan pasca melahirkan, hindari untuk melakukan diet ketat. Selain dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak anda, diet selama masa menyusui terbukti tidak efektif. Sebuah studi mengungkapkan bahwa ketika kamu menyusui, kamu dapat membakar 300 kalori. Ini berarti kamu akan kembali lapar dalam waktu singkat. Padahal, kamu jelas membutuhkan asupan makanan guna memberikan nutrisi terbaik bagi bayi kamu.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.