» » Pembangunan Jalan yang dilakukan Masyarakat Secara Swadaya Jadi "Tamparan" Keras

Pembangunan jalan dilakukan masyarakat secara swadaya, Minggu (16/09/2018).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pihak Komisi III DPRD Kabupaten Pandeglang, menilai jika pembangunan jalan Kawoyang-Cinoyong yang dibiyai dari hasil swadaya masyarakat di tiga desa bagian dari "tamparan" atau keritikan keras untuk Pemkab Pandeglang dalam soal pembangunan.

Sekretaris Komisi III DPRD Pandeglang, Muhlas Halim menilai, jika pembangunan jalan yang dilakukan masyarakat dari hasil swadaya itu merupakan bentuk kekompakan masyarakat dalam membudayakan gotong royong. Dia mengaku, mengacungkan dua jempol atas kemandirian masyarakat tersebut.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan masyarakat yang secara swadaya memperbaiki jalan, hal ini tentunya memiliki nilai positif dalam kontek menumbuhkan kembali budaya gotong royong dan rasa memiliki masyarakat terhadap akses jalan yang mereka butuhkan,” kata Muhlas.


Disamping mengapresiasi terhadap masyarakat, dengan tegas ia menyatakan bahwa pembangunan jalan Kawoyang-Cinoyong hasil dari swadaya masyarakat itu merupakan tamparan keras terhadap Pemkab Pandeglang. Pasalnya, kata dia, hal tersebut mencerminkan jika pembangunan insfratuktur jalan di Pandeglang dinilai masih buruk.

“Pemerintah seharusnya dapat melihat hal ini sebagai kritik konstruktif yang dilakukan masyarakat terhadap buruknya kondisi infrastruktur yang ada di Pandeglang. Hal itu juga harus dijadikan cermin oleh Pemerintah agar bisa menuntaskan pembangunan jalan pada tahun berikutnya,” tegasnya.

Dia juga berjanji bakal terus berupaya melakukan desakan kepada Pemkab Pandeglang, agar jalan Bengras-Kawoyang yang saat ini baru separuh dilakukan pembangunannya dituntaskan hingga jalan Kawoyang-Cinoyong.

“Kami juga meminta agar pada tahun 2019 nanti, Pemkab Pandeglang memberikan porsi lagi untuk menutaskan pembangunan yang saat ini baru separuh saja. Karena benar adanya kondisi jalan disana rusak parah dan sangat membahayakan bagi masyarakat Pandeglang,” pungkasnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Komisi III DPRD Pandeglang, Iing Andri Supriadi. Ia mengaku sangat mengapresiasi inisiasi masyarakat berserta tiga Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Carita tersebut. Adapun untuk penuntasan pembangunan jalan Kawoyang-Cinoyong, Iing berjanji akan mengawalnya hingga sampai selesai.

“Pembangunan hasil swadaya masyarakat yang sekarang sedang berjalan, saya secara pribadi sangat mengapresiasi kekompakan masyarakat untuk membangun ruas jalan secara swadaya. Insya Allah saya akan mengawal betul percepatan pembangunan tersebut agar segera dituntaskan dari hulu ke hilir,” katanya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply