» » Bantu Pulihkan Pariwisata, Dinkes Gelar Kegiatan Di Lokasi Terdampak Bencana Tsunami

Kegiatan Germas dan refreshing kader di Hotel Mutiara Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (31/01/2019).
KRAKATAURADIO.COM, CARITADinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, dan Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Carita menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan refreshing kader di lokasi terdampak bencana tsunami Selat Sunda, tepatnya di Hotel Mutiara Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kegiatan itu sengaja dilakukan disana untuk membantu pemulihan di sektor wisata.

Kepala Puskesmas Carita, Angga Winata mengatakan, perihal lokasi kegiatan sengaja dilakukan dilakukan di tempat yang terdampak lokasi bencana. Hal itu bertujuan untuk memberitahu kepada wisatawan lokal dan mancanegara bahwa Carita kini aman untuk dikunjungi.

“Sengaja di mutiara carita tujuannya untuk menarik masyarakat luas kalau pariwisata kita atau daerah zonasi pantai kita ini sudah aman dan silkahkan para wisatawan yang ingin berlibur di carita kita sudah welcome,” tuturnya ditemui disela-sela acara, Kamis (31/01).


Menurut Angga, tujuan Germas yakni mengajak masyarakat untuk pola hidup bersih dan sehat. Sementara terkait refreshing kader yakni untuk mengingatkan kembali tugas pokok para kader dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Ia menambahkan, ada penurunan kebiasaan masyarakat dalam perilaku Germas pasca kejadian bencana tsunami. Untuk itu kegiatan tersebut penting dilakukan selain untuk mengingatkan kembali kebiasaan Germas juga untuk memulihkan rasa trauma yang dialami.

“Sejauh ini ada perubahan kepada masyarakat yang terdampak langsung karena mereka yang biasanya segala sesuatunya baik buang air dan cuci dirumah karena rumahnya banyak yang terkena dampak tsunami akhirnya ada yang keluar, baik ke laut atau ke kebon, tapi yang ada rumah saudaranya alhamdulillah bisa disana,” ujarnya.


Sementara itu, Marketing Hotel Mutiara Carita, Uding Saprudin mengucapkan terima kasih kepada Dinkes dan Puskesmas Carita yang telah menyelenggarakan kegiatan ditempatnya.

Menurut dia, hotelnya telah kembali beroperasi normal sejak tanggal 09 Januari 2019 yang lalu.

“Dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan menjadi magnet agar wisatawan kembali berkunjung ke Carita,” ujar dia. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply