» » Kementerian Kelautan dan Perikanan Ajak Masyarakat Kembali Konsumsi Ikan

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rifky Effendi Hardijanto bersama Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat melihat hasil olahan ikan dalam acara Safari GemarIkan di kantor Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (30/01/2019).
KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), Rifky Effendi Hardijanto membagikan ikan segar kepada masyarakat dan nelayan di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (30/01/2019).

Kementerian yang dipimpin Susi Pudjiastuti itu mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan tidak percaya akan berita bohong atau hoax terkait ikan yang memakan potongan tubuh manusia korban tsunami Selat Sunda, 22 Desember 2018 yang lalu.

“Kita melihat pasca tsunami khususnya di kabupaten pandeglang ini ada keragu-raguan di masyarakat untuk mengkonsumsi ikan hasil tangkapan nelayan. Nah hal ini yang ingin kita luruskan terutama banyaknya beredar hoax yang tidak bertanggungjawab terkait dengan masalah ikan yang ditangkap oleh nelayan, kan kasian nelayan jadi akhirnya gak bisa jualan,” ujar Rifky usai menyerahkan ikan segar kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Carita.

Menurut dia, pembagian ikan ini selain bertujuan untuk meminimalisir berita hoax tentang ikan yang memakan potongan tubuh korban tsunami Selat Sunda, juga untuk mendongkrak angka konsumsi ikan melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Tujuannya pertama menangkis supaya masyarakat yang tadinya berfikir makan ikan laut itu berbahaya karena ikan laut itu mengkonsumsi korban tsunami ini adalah sebuah kesalahan persepsi. Kedua tentu kita ingin yang tadinya masyarakat pandeglang ini tingkat konsumsinya hanya sekitar 25 kg per tahun bisa meningkat,” katanya.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rifky Effendi Hardijanto.
Rifky mengajak masyarakat Carita khususnya umumnya Pandeglang untuk kembali gemar makan ikan karena dengan mengkonsumsi ikan dapat menyehatkan dan mencerdaskan.


Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada Kabupaten Pandeglang.

“Saya mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada ibu menteri susi (Menteri KKP,red) karena sudah menurunkan dirjen-dirjennya, dari 5 dirjen sudah ada 3 dirjen yang datang ke pandeglang untuk penanganan korban tsunami dan juga para pengungsi yang harus ditangani dengan segera mulai dari kelumpuhan di sektor pariwisata, bagaimana penjualan mereka di pengolahan pemasarannya terhambat alhamdulillah dirjennya datang dan memberikan solusinya,” ujar dia.

Ia mengatakan, pencanangan gemar makan ikan merupakan momentum yang tepat dalam mengkampanyekan gemar makan ikan sekaligus menepis keraguan masyarakat terkait konsumsi ikan pasca terjadinya bencana tsunami.


“Karena kita tahu setelah bencana tsunami melanda Kabupaten Pandeglang, masyarakat yang menkonsumsi ikan cukup menurun. Dengan pencanangan gemar makan ikan ini untuk memperkuat komitmen seluruh lapisan masyarakat terhadap pengembangan dan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Pandeglang,” katanya.

Ia pun berpesan kepada masyarakat dan nelayan, supaya segera membangkitkan pengolahan dan pemasaran ikan meski situasi dibeberapa daerah yang terdampak tsunami belum 100 persen pulih.

“Oleh karena itu Pemerintah Daerah menyambut baik program Kementerian Kelautan dan Perikanan, agar masyarakat Pandeglang kembali gemar menkonsumsi ikan,” ungkapnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply