» » Menpar Tegaskan Kawasan Selat Sunda Aman untuk Dikunjungi Wisatawan

Menteri Pariwisata, Arief Yahya bersama Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat sosialisasi jurnalisme ramah pariwisata di Hotel Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (01/04/2019).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, kawasan Selat Sunda telah aman untuk kembali dikunjungi wisatawan pasca-tsunami yang melanda beberapa waktu lalu.

Hal itu dikatakan Menpar saat menghadiri perayaan HUT Kabupaten Pandeglang ke 145, di Alun-alun Kabupaten Pandeglang dan kepada awak media di hotel Tanjung Lesung, Senin (01/04/2019). Menurut dia, kawasan Selat Sunda sudah aman dikunjungi wisatawan.


Kata Menpar, berdasarkan pengamatan intensif dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM terhadap aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) pasca tsunami Selat Sunda, telah menunjukkan penurunan aktivitas dan tidak ada fenomena bertumbuh. Begitu pula pemantauan PVMBG dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang telah melakukan aktivasi dan pemanfaatan teknologi mitigasi bencana.

“Atas nama masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Banten dan Lampung, dengan ini saya menyatakan kawasan Selat Sunda sudah aman dikunjungi,” kata dia.

Hadir dalam acara kunjungan Menpar Arief ke Banten yakni Gubernur Banten Wahidin Halim, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.


Hadir pula BBupati Pandeglang Irna Nurulita sebagai tuan rumah, para tokoh masyarakat setempat, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), serta ribuan warga Pandeglang yang sedang menyaksikan tari kolosal dalam gelar budaya menyambut HUT Kabupaten Pandeglang.

Menpar menjelaskan, PVMBG pada 25 Maret 2019 telah menurunkan status GAK dari level III (Siaga) menjadi level II (Waspada) dengan radius aman menjadi 2 km dari sebelumnya 5 km dari kawah.

“Saya tegaskan lagi radius aman itu 2 km dari kawah Anak Krakatau, bukan dari pesisir pantai. Dengan demikian kawasan wisata di Selat Sunda aman dikunjungi wisatawan,” kata Arief Yahya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply