» » Menteri Pariwisata: Selat Sunda Aman

Menteri Pariwisata, Arief Yahya ditemani owner Mutiara Carita Cottages Boedi Mranata dan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat event #SelatSundaAman di Hotel Mutiara Carita, Kabupaten Pandeglang, Selasa (12/02/2019).
KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya mengatakan, Selat Sunda kini dalam kondisi aman. Untuk membuktikan hal tersebut, rombongan Menpar ditemani Bupati Pandeglang, Irna Narulita bahkan turun langsung ke laut menggunakan perahu di Hotel Mutiara Carita Cottages, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Selasa (12/02/2019).

“Jadi tadi yang peling penting status dan media. Statusnya aman tetapi tidak darurat agar wisatawan datang dan itu perlu surat nanti penetapan, yang kedua media. Dua agenda itu saya minta tuk diadakan satu kali event lagi disini forum komunikasi antara media dengan pemangku kepentingan yang ada agar suasana wisatawan datang kesini lebih kondusif lagi,” ujarnya ditemui pasca event program #SelatSundaAman di Mutiara Carita Cottages, Pantai Carita.

Menpar Arif Yahya ditemani Bupati Pandeglang Irna Narulita saat turun ke laut.
Kegiatan #SelatSundaAman itu digelar untuk menunjukkan ke publik bahwa kawasan wisata Pandeglang sudah aman untuk dikunjungi pasca tsunami yang menghempas kawasan itu 22 Desember 2018.

Sejumlah kegiatan digelar seperti lomba mancing tradisional yang diikuti sekitar 200 warga setempat, lomba perahu hias nelayan, atraksi seni jaipong dan pencak silat, marching band, dan sejumlah kegiatan lainnya.


Acara itu juga diramaikan ratusan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Banten yang sehari sebelumnya menggelar jambore di lokasi yang sama.

Kemenpar sendiri, kata dia, menargetkan sekitar 6 bulan waktu untuk memulihkan kondisi wisata di Pandeglang pasca diterjang tsunami Selat Sunda.

“Pemulihan rata-rata yang kita pengalaman 6 bulan, Bali 6 bulan, Lombok 6 bulan. Lombok sekarang turun bukan karena kita tidak merecover kejadian tetapi karena hal lain, yaitu karena harga tiket (pesawat) naik tetapi sebenarnya 6 bulan adalah titik balik, Bali juga demikian 6 bulan udah hampir 100 persen,” tambah dia.


Ditempat yang sama, Owner Mutiara Carita Cottages, Boedi Mranata menjelaskan, kegiatan #SelatSundaAman merupakan inisiatif bersama para industri pariwisata di Pandeglang.

“Selama ini industri perhotelan dan restoran saling tunggu. Begitu ada sinyal, pasti yang lain juga ikut bangkit. Kami tidak ingin berdiam diri, tetapi menunjukkan bahwa kami mulai bangkit. Selat Sunda sudah aman untuk dikunjungi,” katanya.


Menurut dia, kegiatan itu sangat penting untuk dilakukan mengingat bukan hanya wisatawan yang enggan datang, namun masyarakat setempat juga perlu diberikan bukti nyata bahwa kini sepanjang pantai di Pandeglang sudah aman untuk dikunjungi.

“Kan ini signal positif, kalau kita masuk ke laut aja takut bagaimana mau pulih. Kalau ini terus dilakukan lama-lama saya kira cepat waktunya 6 bulan untuk pulih,” ujar dia. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply