» » Arus Mudik dan Balik, 36 Puskesmas di Pandeglang Siaga 24 Jam Nonstop

Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang.
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Seluruh Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Pandeglang, telah disiagakan untuk tetap beroperasi 24 jam nonstop selama masa arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri. Pemberlakukan aturan ini akan digelar H-7 hingga H+7 lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Raden Dewi Setiani memastikan pelayanan kesehatan selama musik mudik dan liburan mendatang tetap berjalan.

“Dari mulai puskesmas dengan non perawatan juga puskesmas dengan perawatan. Apalagi puskesmas yang berada di pinggir jalan raya, itu betul-betul siaga 24 jam dan ada tambahan poskonya,” ujar dia.


Khusus untuk Puskesmas Carita, kata dia, disiagakan hingga H+11. Hal ini mengingat Carita yang merupakan kawasan wisata sehingga perlu disiagakan lebih lama demi menjamin kesehatan dan keselamatan wisatawan.

“Karena khusus di pariwisata ini banyak orang-orang yang ke pantai, ke Carita. Jadi lebih banyak orang disana. Kalau H+7 nanti pada saat ada kecelakaan atau apa bagaimana penanganannya,” katanya.


Dewi menerangkan, tenaga medis yang di siapkan di 35 Puskesmas dan 1 Puskesmas tambahan ada sekitar 641 terdiri atas Dokter 45 orang, Perawat 255, Bidan 250 dan non medis 91 orang. Jumlah itu ditambah dengan tenaga yang bertugas di posko tambahan.

“Tenaga medis kami terbatas, maka kami untuk di pos tambahan ini kami butuh bantuan teman-teman dari PMI untuk membantu kesiapsiagaan jika terjadi kecelakaan atau hal-hal urgent untuk segera dilakukan,” imbuhnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply