ADSENSE

» » Wisata Sejarah di Perkampungan Sangko Sawarna


   Sudah sejak lama Perkampungan  Sangko merupakan obyek wisata alam yang menyimpanbanyak sejarah dan wisatawan yang datang tidak lain berburu sejarah dan pemandangan yang cantik disana. Kampung Sangko sendiei berada di desa Sawarna Baten Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak lebih tepatnya jika anda pernah berkunjung di pasir putih Sawarna, maka Perkampungan  Sangko berada disebelah utara pantai pasir putih tersebut.

  Atau bisa juga dikatakan kampung yang terletak diantara kampung Cibeas dan Chihasen. Dikatakan dikatakan sebagai kampung bersejarah dan wisata sejarah karena di kampung ini tersimpan sejuta sejarah sejak jaman penjajahan Belanda dan juga Jepang atau pada jamannya Romusa.

Harta Goa Siluman

   Didesa ini pula terdapat tempat yang dipakai untuk menimbun harta karun yaitu di goa siluman atau disebut dengan goa harta karun. Tentang hartanya tersebut banyak yang tidak diketahui karena tempatnya yang angker dan jarang dikunjungi. Selain banyak tersimpan harta karun, tempat ini juga menyimpan banyak kekayaan harta bumi seperti batu bara, tambang dan kekayaan alam lainnya. sejak tahun 2000 an penduduk Perkampungan  Sangko  berpotensi menjadi penambang batu liar.

   Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil tambangnya yang beratus–ratus kubik dan ribuan truk yang di angkut keluar daerah. Namun sangat disayangkan pemerintah setempat tidak segera mengelola dengan baik setelah mengetahui potensi alam itu sehingga terjadi kerusakan ekosistem secara besar – besaran dan dampak panjangnya malah merugikan masyarakat.

    Akibat galian yang terlalu banyak dan tidak terkonsep kini banyak  masyarakat yang terkena bencana tanah longsor karena penambang – penambang tidak dibekali degan alat penyelamat  yang pada akhirnya malah merugikan masyarakat sendiri. Yang lebih parahnya lagi kini masyarakat Perkampungan  Sangko hanya menjadi pemikul atau kuli di tanah harta karun, sedangkan usahawan diluar sana yang mengeruk harta tersebut.

   Jadi wajar jika pengusahawan yang memanfaatkan alam tersebut tidak memikirkan dampak akibat kerusakan alam tersebut yang bisa berdampak buruk dengan masadepan Perkampungan  Sangko. Kerusakan ekosistem ini harus segera dicegah demi kestabilan ekosistem alam dan masyarakat sekitar.

   Keindahan alamnya tersebut yang membuat wisatawan terus berdatangan, apalagi untuk mereka yang berjiwa petualang atau pecinta alam pasti menyukai keindahan alam yang disajikan di Perkampungan  Sangko ini. keindahan persawahannya yang masih alami hijau dan segar, area perhutaniannya yang banyak terdapat goa – goa cantik yang menakjubkan untuk di teliti dan dikunjungi membuat mereka menyukai tempat ini.

   Nah untuk anda yang berniat mengunjungi tempat ini untuk berwisata sekaligus bersejarah mengenai penjajahan jepang dan juga belanda pada jaman dulu akses jalannya pun cukup mudah dilewati. Dari jl Raya Sawarna Bayah atau kampung Cihaseum anda bisa melakukan perjalanan ke jalan impress di sebelah kiri sekitar 20 meter menuju  sampai ke jalan menuju tanjung layar.

   Dan anda bisa memparkir kendaraan anda  di lapangan bola kontra Cihaseum. Dan yang terakhir yaitu berjalan menuju ke Perkampungan  Sangko yang bisa ditempuh dari jalan raya dengan berjalan sekitar 2 kilo meter. Dan sampailah anda di Perkampungan  Sangko. 

Selamat berwisata sejarah.

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply