ADSENSE

» » BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang Tegaskan Klaim Bebas Biaya Administrasi

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Raya, Didin Haryono saat memimpin rapat evaluasi Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai), Kamis (27/05/2021).

KRAKATAURADIO.COM, SERANG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek meminta para agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) untuk menjaga integritas atau kepercayaan masyarakat yang sudah tergabung dalam program Jamsostek.

 

“Kita itu betul-betul nothing to lose ya, kita ingin membantu masyarakat, ingin membantu rakyat, warga yang ada di wilayah kantor cabang Serang Raya meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon. Masyarakat pekerja rentannya banyak banget dan itulah menjadi PR kita bersama antara BPJS Ketenagakerjaan cabang serang raya timnya bersama mitra kerja yang bernama perisai,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Raya, Didin Haryono saat rapat evaluasi Perisai, Kamis (27/05).

 

Didin menegaskan, pencairan klaim ini bebas biaya administrasi atau tidak ada potongan. Untuk itu, kata dia, menjadi agen Perisai merupakan tugas mulia, karena dapat membantu masyarakat dalam sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

 

Menurut dia, tugas perisai juga diantaranya membantu proses klaim masyarakat yang terdaftar dalam program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, meningkatkan cakupan kepesertaan kepada pekerja baik Penerima Upah (PU) maupun Bukan Penerima Upah (BPU), dan melakukan kegiatan pengelolaan peserta.

 

“Kalau misalnya ada pengajuan klaim jaminan kematian, kecelakaan atau hari tua itu semua tidak boleh diserahkan di transfer melalui pihak orang lain, harus kepada ahli waris dan keluarganya, jadi aman,” tegas dia.

 

Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan terus mengevaluasi dan melakukan pembinaan kepada agen Perisai ini.

 

“Kita ingin menyamakan persepsi antar kita dengan teman-teman perisai sebagai mitra kerja kita di lapangan,” imbuh dia.

 

Baca: Pemprov Banten Akan Bangun Pelabuhan Perikanan Terpadu di Pandeglang

 

Baca: BPJS Ketenagakerjaan Salurkan Santunan Kematian Rp 42 Juta untuk Ahli Waris Guru Ngaji di Pandeglang

 

Sementara itu, agen Perisai Krakatau Radio, Nyimas Dian Gayatri, mendorong masyarakat mengikuti program Jamsostek karena banyak manfaatnya. Menurut dia, di dalamnya terdapat jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan jaminan pensiun (JP).

 

“Dengan terlindungi program Jamsostek, pekerja akan maksimal dalam menjalankan tugasnya. Keluarga di rumah tak mengkhawatirkan kondisi anggotanya yang bekerja. Mereka juga tak merisaukan kondisi ekonomi jika suatu saat anggotanya mengalami kecelakaan atau bahkan kematian saat kerja. Sebab, Negara menjamin ekonomi mereka dengan jamsostek,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan program agen Perisai. Program ini diharapkan dapat menjangkau para pekerja nonformal di seluruh pelosok. Agen Perisai ini akan mencari dan membina tenaga kerja yang diperoleh agen. BPJS Ketenagakerjaan menyiapkan sistem yang berkerja sama dengan bank.

 

Program Perisai yang diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan adalah upaya untuk melibatkan masyarakat untuk menjadi penggerak jaminan sosial. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply