ADSENSE

» » Bakal Calon Kades di Labuan Jalani Tes Wawancara, Ini Pertanyaan yang Diajukan

Camat Labuan, Ace Jarnuji.

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Bakal Calon Kepala Desa (Kades) harus serius menyiapkan diri untuk dapat lolos menjadi Calon dan berhak dipilih. Selain melengkapi persyaratan administrasi, faktor kemampuan berbicara dan wawasan luas juga menjadi hal penting untuk dimiliki.

 

Saat ini tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pandeglang tengah memasuki ujian saringan dan penilaian berupa tes tertulis dan tes wawancara, Minggu sampai Selasa atau 27 - 29 Juni 2021. Langkah ini dilakukan sebagai cara menyaring Balon menjadi Calon Kades.

 

Di Kecamatan Labuan sendiri, terdapat 6 Desa yang menggelar Pilkades dengan 27 Balon Kades.

 

Desa yang menggelar Pilkades di Kecamatan Labuan diantaranya Desa Labuan, Desa Kalanganyar, Desa Teluk, Desa Caringin, Desa Rancatereup dan Desa Banyumekar.

 

Sementara jumlah Balon Kades terdiri dari 10 Balon Kades Labuan, 4 Balon Kades Kalanganyar, 4 Balon Kades Teluk, 4 Balon Kades Caringin, 3 Balon Kades Rancatereup dan 2 Balon Kades Banyumekar.

 

Camat Labuan, Ace Jarnuji mengatakan, dalam tahapan tes wawancara, pihaknya melibatkan berbagai unsur mulai dari Kapolsek, Koramil dan Kepala Upt Puskesmas. Masing-masing Balon Kades di tanya seputar konsep kepemimpinan di lingkup Desa.

 

“Alhamdulillah dari 27 Balon Kades yang ada di Labuan ini memenuhi undangan semuanya hadir dan ini kami sudah lakukan dari jam 9 sampai jam 12 siang ini sudah 50 persen,” kata dia ditemui di sela-sela pelaksanaan tes wawancara di kantor Kecamatan, Senin (28/06).

 

Ace menyebut, tes wawancara ini meliputi wawasan kebangsaan, pemerintahan, hukum dan kesehatan.

 

“Sesuai dengan tugas dan fungsi saya selaku camat, pertama yang ditanyakan visi dan misi, kedua menyangkut bidang pemerintahan, khususnya pemerintahan desa, bagaimana kedepan akan menjalankan roda pemerintahan,” terang dia.

 

Baca: Jelang Pilkades Serentak, Kapolres Pandeglang Pantau Kamtibmas

 

Baca: Adem, 27 Balon Kades di Labuan Saling Tegur Sapa Usai Jalani Tes Tulis

 

Saat tahapan ujian ini selesai, kata dia, pihaknya tidak akan langsung mengumumkan siapa calon yang berhak dipilih. Tahapan itu dilakukan pada Rabu 30 Juni 2021.

 

“Tapi walaupun selesai tes tertulis maupun tes wawancara kami belum bisa mengumumkan secara keseluruhan. Kalau nilai ini sudah ada tapi karena di tahapan itu tanggal 30 baru diumumkan kami akan mentaati aturan yang telah ditentukan,” imbuh dia.

 

“Mekanismenya pertama kami akan rapatkan bersama panitia kecamatan dan sub panitia kabupaten, baru kami umumkan keputusannya. Karena ini Covid tidak mungkin kami undang semua dan kami akan bersurat dan kami akan kirim kepada panitia penanggungjawab hasilnya pada hari Rabu,” sambungnya.

 

Sementara, Kepala Puskesmas Labuan, Angga Iskandar Winata mengatakan, pertanyaan yang diajukan kepada Balon Kades yakni seputar kesehatan masyarakat.

 

“Karena kita di bidang kesehatan hanya lingkup kesehatan saja, apa yang harus mereka lakukan dan apa saja langkah strategis mereka bila terpilih dan terpilih kembali menjadi kepala desa,” katanya.

 

Namun mengingat saat ini masih pandemi Covid-19, pihaknya juga bertanya mengenai langkah yang akan dilakukan jika ada warganya yang terkonfirmasi Covid-19 termasuk pengawasan protokol kesehatan di lapangan.

 

“Kita sampaikan juga apa strategi mereka di masa pandemi ini, apa saja bila terjadi kasus dan lain sebagainya,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply