ADSENSE

» » Terima Bankeu Provinsi Banten, Pemkab Alokasikan Bangun Jalan dan Jembatan, Ini Rinciannya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang akan membangun jalan dan jembatan yang bersumber dari anggaran Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten tahun 2021 yang ditetapkan sebesar Rp 40 miliar.

 

Untuk diketahui, Bankeu tahun ini dipastikan tak lagi untuk penanganan Covid-19, melainkan diarahkan sebagian besar untuk infrastruktur. Hal ini terlihat dari pembagian Bankeu dimana sebesar 96,26 persen atau sebesar Rp 38,5 miliar dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Sementara sisanya dibagi ke RSUD Berkah Pandeglang.

 

Kepala DPUPR Pandeglang, Asep Rahmat membenarkan Bankeu tahun ini diprioritaskan ke sektor infrastruktur, khususnya pada pembangunan jalan dan jembatan.

 

“Alhamdulillah penetapan bantuan keuangan provinsi untuk Pandeglang sesuai dengan usulan dari ibu Bupati. Untuk PU nilainya Rp 38 miliar 500 juta. Alokasinya untuk peningkatan jalan terus kemudian untuk pembangunan jembatan,” kata dia, Rabu (30/06).

 

Baca: Pendaftaran CPNS Resmi Dibuka, Ini Dokumen dan Persyaratan yang Harus Dipenuhi

 

Baca: Kesbangpol Gelar Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan

 

Asep menerangkan, anggaran tersebut untuk pembangunan 11 ruas jalan dan 4 paket jembatan dengan rincian Rp 33 miliar akan didistribusikan untuk meningkatkan kualitas jalan di Pandeglang. Sisanya diperuntukkan pada pembangunan jembatan.

 

“Ini tersebar di sejumlah wilayah seperti Cibitung, Pulosari, di beberapa kecamatan lah. Sesuai dengan usulan dari ibu Bupati, untuk infrastruktur jalan mayoritasnya, terus kedua jembatan,” beber dia.

 

Dia menuturkan, Bankeu ini merupakan yang pertama kalinya diterima DPUPR sejak gelombang pandemi Covid-19 pada 2020 yang lalu. Pada tahun lalu, pihaknya sempat memperoleh alokasi Bankeu, namun dibatalkan lantaran bantuan tersebut dialihkan sepenuhnya untuk penanganan Covid-19.

 

“Ada untuk tahun kemarin, cuma baru beberapa hari kemudian dicabut lagi karena kan ada bencana non alam Covid-19,” jelasnya.

 

Baca: Kerap Dikeluhkan Warga, Jalan Bama-Pagelaran Tahun Ini Dibangun

 

Berdasarkan data yang diperoleh, total panjang jalan yang akan ditingkatkan tahun ini dari alokasi Bankeu, mencapai 11 kilometer dengan kualitas sebagian besar berupa betonisasi.

 

Adapun ruas jalan yang ditingkatkan diantaranya meliputi jalan Barusatu-Koranji di Kecamatan Pulosari sepanjang 1 kilometer, Jalan Bama-Pagelaran di Kecamatan Pagelaran juga sepanjang 1 kilometer, dan Jalan Teluklada-Samaboa di Kecamatan Majasari sepanjang 1,2 kilometer. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply