ADSENSE

» » Akan Dibangun JPO, Sebagian Kantor TPI Labuan 3 Dibongkar

Sebuah alat berat berada di kantor Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan 3, Minggu (01/08/2021).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Sebagian kantor Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan 3 yang terletak di pasar ikan, tepatnya di Jalan Pasar Baru, Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, harus dibongkar. Hal ini lantaran akan dibangunnya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang menghubungkan pasar ikan Labuan dengan Desa Teluk.

 

Berdasarkan pantauan pada Minggu (01/08), alat berat sudah diturunkan di sekitar lokasi tersebut. Bangunan kantor TPI sebagian juga sudah dirobohkan. Hanya tempat pelelangan ikan tidak terdampak pembangunan.

 

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pandeglang, Suaedi Kurdiatna membenarkan pembongkaran sebagian kantor TPI untuk pembangunan JPO. Nantinya kantor TPI yang terdampak, kata dia, akan dibangun kembali oleh pihak pelaksana atau kontraktor.

 

“Akan dibangun kembali setelah jembatan selesai. Ada suratnya dari kontraktor. Akan dibangun sampai selesainya dibangun jembatan lah,” kata dia, Senin (02/08).

 

Surat tersebut disampaikan pihak kontraktor pelaksana yakni dari PT. Pubagot Jaya Abadi KSO PT. Bintang Milenium Perkasa.

 

Suaedi mengatakan, dampak pembangunan JPO tersebut hanya berdampak pada pembongkaran kantor TPI saja. Untuk kegiatan lelang ikan hasil tangkapan nelayan, lanjut dia, tetap berlangsung. Adapun untuk pegawai TPI akan tetap berkantor karena hanya sebagian yang dibongkar.

 

“Sementara itu di gedung TPI, kan gedung TPI nya enggak, hanya sebagian saja hanya depannya. Kemudian pedagang itu sudah ada kesepakatan untuk pindah dulu,” tambah dia.

 

Keberadaan JPO ini, menurut Suaedi, akan menjadi akses bagi warga dan pedagang ikan di Kecamatan Labuan untuk meningkatkan aktivitas jual beli ikan sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

“Jembatan itu nanti dibuat tinggi kemudian di TPI nya kita sedang coba melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk dibangun pasar ikan yang lebih representatif. Jangan hanya jembatannya saja yang bagus, pas lihat pasarnya becek. Mohon doa dan dukungannya supaya bisa membantu membangun pasar Labuan khususnya yang lokasinya di TPI,” imbuh dia.

 

Baca: Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Bupati Pandeglang Irna Narulita Langsung Bahas Pilkades Serentak, Ini Hasilnya

 

Baca: Pemkab Pandeglang Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2021

 

Pembangunan JPO ini disambut baik oleh warga. Salah satu warga Labuan, Izi mengharapkan pembangunan jembatan berjalan dengan kualitas yang baik.

 

Apalagi, kata dia, jembatan tersebut akan menjadi urat nadi perekonomian di Kecamatan Labuan.

 

“Kualitasnya harus benar-benar baik, karena disitu jalur perahu nelayan. Jangan sampai nelayan gak bisa lewat. Apalagi sekarang kan dermaga nelayan sudah hancur,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply