ADSENSE

» » Sampah Liar Menumpuk di Pinggir Jalan, Ancam Kesehatan dan Rusak Lingkungan

Tumukan sampah di pinggir jalan raya Labuan-Cilegon, tepatnya di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (28/09/2021).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Sampah liar masih terlihat berserakan di Jalan Raya Labuan-Cilegon, tepatnya di wilayah Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, atau berdekatan dengan kantor Pos Labuan, Selasa (23/09). Diduga sampah tersebut dibuang oleh oknum saat melintas di jalur tersebut.

 

Sampah yang mayoritas bungkusan plastik itu menebar bau tak sedap dan mengganggu pengendara yang melintas serta masyarakat sekitar. Sehingga mengancam kesehatan warga. Oleh karena itu harus segera dilakukan penanganan.

 

Salah satu pengendara yang melintas, Rudi mengaku tak habis pikir kenapa sampah itu dibuang di pinggir jalan. Ia menduga pembuangnya adalah oknum masyarakat yang tidak mempedulikan kesehatan orang lain dan tidak peduli lingkungan.

 

“Nggak punya beban, ko tega buang sampah di situ. Padahal kan pinggir jalan dan banyak dilintasi orang. Baik pengendara roda dua maupun roda empat, bahkan masyarakat sekitar,” kata dia.

 

Katanya, jika dibiarkan saja dipastikan volume tumpukan sampah akan semakin banyak. Oleh karena itu, ia berharap segera ada penanganan dari pihak terkait, atau masyarakat sekitar yang peduli lingkungan serta kebersihan.

 

“Semakin hari dibiarkan, semakin membusuk. Baunya akan semakin tidak sedap, menyengat,” tandasnya.

 

Baca: Kini Warga Berburu Vaksin, Rela Antri Sejak Pagi di Polsek

 

Baca: Mantan Pengikut Aliran Hakekok di Pandeglang Dapat Bantuan Program Rumah Harapan

 

Warga lainnya Rohman yang juga kebetulan melintas di jalur tersebut, mengaku menyayangkan sampah tersebut tak segera ditanggulangi. Baginya, keberadaan sampah itu bukan saja mengancam kesehatan dan menimbulkan bau tak sedap, melainkan akan merusak jalan raya sekitar.

 

“Jika nanti turun hujan, airnya pasti ke jalan raya. Jadi jalannya licin dan rawan kecelakaan,” ujarnya.

 

Ditambahkannya, dampak negatif dari sampah liar sangat banyak. Oleh karenanya ia berharap harus segera ditangani oleh pihak terkait. Apalagi di pinggir jalan raya yang volumenya lumayan banyak.

 

Walau demikian, ia juga menyarankan, sebaiknya dipasang plang dilarang buang sampah di lokasi tersebut, atau disiapkan tempat pembuangan sampah umum yang dapat diangkut petugas secara berkala. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply