Desa Wisata Jadi Program Unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat meninjau desa wisata Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (02/10/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, bahwa desa wisata merupakan program unggulan Kementeriannya.

 

“Desa wisata ini program andalan kita. Jadi, mohon para Bupati fokus untuk melakukan scaling up dari desa rintisan menjadi desa mandiri,” kata dia dalam keterangan pers, Minggu (02/10/2021).

 

Adapun, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Kemenparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024. Dari 244 desa wisata, sebanyak 150 desa wisata berada di lima destinasi super prioritas (5DSP) dan akan diperluas.

 

Sandiaga melanjutkan, desa wisata merupakan rural tourism yang akan diprioritaskan karena termasuk dalam pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

 

“Dan ini memberdayakan masyarakat. Jadi pariwisata bukan hanya milik kelas menengah ke atas, tapi pariwisata milik semua,” katanya.

 

Dalam pengembangan desa wisata rintisan menjadi desa wisata mandiri, Sandiaga mengimbau para kepala daerah untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Dia juga berharap agar para kepala desa dapat mengidentifikasi berbagai potensi yang ada agar desa wisata menjadi mandiri.

 

Tidak hanya itu, Sandiaga juga mendorong mereka untuk beradaptasi dengan digitalisasi agar dapat menghasilkan produk wisata berbasis teknologi digital.

 

“Saya sampaikan bahwa Kemenparekraf menyatakan dengan tegas akan berkoordinasi untuk memulihkan sektor pariwisata dan membangkitkan ekonomi kreatif. Bangkitnya pariwisata adalah pulihnya ekonomi bangsa,” tegas dia.

 

Baca: Razia Gabungan di Pandeglang, Petugas Amankan Ratusan Botol Miras

 

Baca: Mantap! Desa Sukarame Pandeglang Masuk Nominasi Anugerah 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

 

Sebelumnya, Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, masuk nominasi sebagai 50 Desa wisata terbaik tingkat nasional. Hal ini terungkap saat Sandiaga Uno meninjau potensi desa wisata Sukarame, sekaligus memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM, Sabtu (02/10/2021).

 

Dalam kunjungannya kesekian kalinya ke Pandeglang ini, Sandiaga Uno mengatakan, Desa Sukarame, Pandeglang telah terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik untuk wisata Indonesia bangkit.

 

“Selamat untuk Pemkab Pandeglang dengan potensi desa wisatanya terutama desa Sukarame yang sudah terpilih masuk nominasi anugerah desa wisata terbaik nasional,” ucap Sandi. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.