ADSENSE

» » Abah Kalimi Asal Cibitung Pandeglang Raih Penghargaan dari Kemdikbudristek, Kalahkan 50 Pesaing se-Indonesia

Abah Kalimi diberi penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Senin (20/12/2021).

KRAKATAURADIO.COM, CIBITUNG - Salah satu pegiat seni dari Desa Malangnengah, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Pandeglang, Abah Kalimi (83) meraih penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) 2021 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) dengan kategori Maestro Seni Tradisi.

 

Dalam ajang ini abah Kalimi mampu mengalahkan 50 kandidat pegiat seni dari daerah lainya di Indonesia.

 

Penyerahan penghargaan AKI bagi Abah Kalimi diberikan langsung oleh Ketua Tim Penilai dari Kemendikbudristek Sulistyo Tirtokusumo, didampingi Pj Sekda Pandeglang Taufik Hidayat, di kediaman Kalimi, di Kampung Sukapura, Desa Malangnengah, Cibitung, Senin (20/12/2021).

 

Sulistyo mengatakan, ajang AKI diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah bagi para pegiat seni di Indonesia.

 

“Abah Kalimi asal Cibitung Pandeglang mengikuti Anugerah Kebudayaan Indonesia atas usulan pemkab Pandeglang melalui dinas pendidikan dan kebudayaan. Alhamdulilah setelah melalui proses penilaian yang cukup panjang beliau mendapatkan penghargaan tersebut dengan kategori maestro seni tradisi calung renteng,” ucapnya.

 

Ia menambahkan ada beberapa kriteria khusus yang menjadi penilaian dalam ajang tersebut diantaranya berkarya di bidang kesenian selama 35 tahun.

 

“Mampu menjadi pelopor bagi generasi muda dan kesenian yang ditekuninya merupakan kesenian yang langka, khas dan hampir punah. Sebagai bentuk apresiasi kami berikan penghargaan kepada Bapak Kalimi,” terangnya.

 

Baca: Bupati Resmikan 4 Kantor Kelurahan, Tekankan Pelayanan Harus Lebih Baik

 

Baca: Disperindag Pandeglang Jamin Ketersediaan Sembako di Pasar Jelang Nataru Aman

 

Sementara itu, Pj Sekda Pandeglang Taufik Hidayat menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemdikbudristek atas diraihnya penghargaan ini.

 

Sebagai bentuk apresiasi dan untuk menjaga kelestarian seni calung renteng, kata Taufik, Pemkab Pandeglang akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan agar dapat menampilkan kesenian tersebut.

 

“Setiap sekolah-sekolah serta kegiatan yang menyangkut pemerintahan dan lain sebagainya harus menampilkan kesenian ini, karena seni calung renteng ini keberadaanya hampir punah dan perlu dilestarikan,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply