ADSENSE

» » Ternyata Ini Sebab Sampah di Pasar Menumpuk

Sampah menumpuk di pasar Labuan, Kabupaten Pandeglang, Rabu (23/03/2022).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Tumpukan sampah menggunung di sejumlah pasar di Kabupaten Pandeglang, karena tidak diangkut oleh petugas. Usut punya usut, ternyata persoalan ini diakibatkan jebolnya Tempat Penahan Tanah (TPT) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bojongcanar, Kecamatan Cikedal.

 

Salah satu aktivis di Cikedal, Abdul Rozak mengatakan, dengan jebolnya TPT, puluhan warga melakukan aksi memblokir akses jalan menuju TPA, pada Jumat (11/03/2022) lalu.

 

Aksi itu itu dilakukan warga sebagai bentuk puncak kegelisahan dan protes terhadap kondisi TPA yang sudah mencemari persawahan dan perkebunan warga dan akses jalan menuju TPA tersebut yang mengalami kerusakan parah.

 

“Aksi kemarin itu kan puncak dari kegelisahan masyarakat karena syarat-syarat secara administrasi sudah kita tempuh, dimana pada tahun 2020 pak lurah waktu itu mengajukan permohonan agar ada perbaikan, berkomunikasi dengan dinas terkait bahkan sempat berkomunikasi dengan sekda juga. Cuma sayangnya dikarenakan birokrasi di kita pergantian terus mungkin amanat kebijakan terdahulu akhirnya tidak dijalankan sama yang sekarang,” kata dia saat talkshow di Krakatau Radio bersama Camat Labuan, Ace Jarnuji, Rabu (23/03).

 

Ia menerangkan, jebolnya TPT ini disebabkan bencana, dimana panjangnya diperkirakan mencapai 50 meter. Dampaknya, persawahan dan perkebunan warga tercemari sampah.

 

Aksi tersebut, lanjut dia, meminta agar pihak terkait dapat menata ulang kembali bangunan yang sudah tidak layak dan meminta perbaikan jalan utama di sekitar TPA, dikarenakan rusak total.

 

“Kami bukan menolak dengan adanya TPA tetapi tolong. Kami menerima adanya TPA, tapi tolong perhatikan penataan lingkungannya, terus bangunannya. Itu dari tahun 94 sampai sekarang kan belum ada pembangunan,” ungkapnya.

 

Ia berharap permasalahan di TPA ini segera ditindaklanjuti oleh pemerintah atau pihak terkait lainnya.

 

Baca: Gercep, PLTU Banten 2 Labuan Bantu Evakuasi Korban Banjir dan Beri Bantuan Makanan

 

Baca: Banjir Landa 3 Kecamatan, TGC Evakuasi Warga Hingga Buat Dapur Umum

 

Sementara, Camat Labuan, Ace Jarnuji mengaku sependapat dengan perbaikan seluruh bangunan yang ada di area TPA Bojongcanar. Menurut dia, sampah merupakan persoalan yang harus dituntaskan secara komprehensif.

 

Terkait tumpukan sampah di pasar Labuan, pihaknya mengaku telah mengusulkan agar sampah dapat diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Desa Cigondang.

 

“Kemarin juga saya usulkan bagaimana kalau sampah ini kita angkut dulu kepada TPS tapi dengan konsekuen setelah itu (TPA) baik atau bagus diangkut kembali. Bahkan kemarin ada salah satu lembaga untuk membantu hal itu, hayu kita angkut aja lah ke TPS yang ada di Cigondang,” ujarnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply