Wartawan Pandeglang Dukung Pelestarian Terumbu Karang

Ketua Porwan Pandeglang, Nipal Sutiana (kiri) menyerahkan rak laba-laba ke Koordinator Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK), Nuwarta Wiguna di Sekretariat Porwan Pandeglang, Jumat (01/04/2022).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Wartawan di Kabupaten Pandeglang yang tergabung dalam Pokja Wartawan (Porwan) Pandeglang menyatakan dukungannya terhadap pelestarian terumbu karang. Dukungan itu dilakukan dengan menyerahkan rak laba-laba ke Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Banten tepat pada perayaan HUT Ke-148 Pandeglang.

 

Penyerahan rak laba-laba sebagai media tanam terumbu karang itu dilakukan secara simbolis oleh Ketua Porwan Pandeglang, Nipal Sutiana kepada Koordinator Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Banten, Nurwarta Wiguna di Sekretariat Porwan Pandeglang, Jumat (01/04/2022).

 

Ketua Porwan Pandeglang, Nipal Sutiana menuturkan, dukungan tersebut lahir atas keprihatinan terhadap kondisi terumbu karang di perairan Pandeglang yang rusak, baik karena ulah manusia maupun faktor alam, salah satunya akibat gelombang tsunami Selat Sunda pada akhir 2018 lalu.

 

“Selain menulis berita sebagai edukasi kepada masyarakat, wartawan juga perlu bertindak konkret, mengaktualisasi kepeduliannya terhadap lingkungan,” kata dia.

 

Ia menerangkan, deklarasi dukungan ini dilakukan tepat pada momentum HUT Ke-148 Pandeglang, sehingga gerakan ini menjadi awal langkah Porwan untuk berkesinambungan mendukung rehabilitasi terumbu karang yang digagas F-PTK sejak 2020 lalu.

 

“Dengan menanam terumbu karang, berarti kita menyelamatkan laut dan melestarikan biota yang ada di dalamnya. Kami juga berharap pemerintah, pihak swasta dan komponen lainnya memberikan perhatian lebih terhadap terumbu karang demi kelangsungan hidup kita juga,” imbuhnya.

 

Baca: Abuya Muhtadi Apresiasi Polres Pandeglang Berantas 8.597 Botol Miras

 

Baca: Sambut Bulan Ramadhan, Polres Pandeglang Musnahkan 8.597 Botol Miras

 

Sementara, Koordinator F-PTK Banten, Nurwarta Wiguna mengaku bangga dengan komitmen Porwan Pandeglang yang peduli dan mau bekerjasama melestarikan terumbu karang. Mengingat perannya yang penting dalam menjaga ekosistem laut.

 

“Ini luar biasa, dukungan dari kawan-kawan Porwan menjadi energi baru buat kami, untuk tetap melanjutkan perluasan rehabilitasi terumbu karang,” ungkap dia.

 

Ditambahkannya, sejauh ini pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap nelayan pesisir, khususnya di Kecamatan Sumur.

 

“Selain mereka melaut, kami juga ajarkan mereka cara membuat rak laba-laba dan menanam terumbu karang,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.