ADSENSE

» » Ada Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Kantor Kecamatan Labuan, Tapi …

Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) terlihat sudah ada di kantor Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (02/06/2022).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Di Kantor Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, kini terdapat mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berguna untuk mencetak dokumen kependudukan. Mesin ini sudah terpasang sejak sebelum lebaran Idul Fitri 1443 H.

 

Camat Labuan, Ace Jarnuji mengatakan, mesin ini bisa melayani pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Kartu Kematian, juga Kartu Identias Anak (KIA).

 

Namun ia mengakui, alat tersebut belum dapat difungsikan atau beroperasi karena belum datangnya teknisi yang dapat menghubungkan mesin tersebut dengan sistem di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

 

“Ya alhamdulillah ini tidak semua kecamatan (mendapatkan). Katanya bahwa alat ini fungsinya untuk mencetak KTP jadi gak mesti harus ke Pandeglang. Tapi sampai saat ini alatnya ini belum berfungsi, karena saya koordinasi dengan dinas disukcapil teknisinya juga belum datang lagi kesini. Emang pernah kesini cuma masang tapi mungkin untuk ini bisa dipakai harus konek dengan kementerian ya,” kata Ace.

 

Camat Labuan, Ace Jarnuji saat menunjukkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di kantor Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Kamis (02/06/2022).

Baca: Sudah Diukur, Drainase Pasar Baru Labuan Akan Dibangun Tahun 2023

 

Baca: Ada Potensi Banjir Rob, Nelayan Pandeglang Diminta Waspada saat Melaut

 

Ace mengaku banyak masyarakat bertanya tentang kapan beroperasinya mesin tersebut. Selain karena momentum pasca lebaran Idul Fitri, juga banyak lulusan sekolah menengah yang juga hendak membuat KTP untuk keperluan melamar pekerjaan.

 

Meski begitu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discukcapil) Kabupaten Pandeglang agar keberadaan mesin ADM tersebut dapat berfungsi.

 

“Ini juga banyak yang menanyakan kepada kami, sampai saat ini kami belum bisa menjawab secara pasti. Kalau kita tentukan waktunya bulan sekian, ya takut ini melenceng tidak sesuai harapan nanti kecewa masyarakat,” terangnya.

 

Ia menyatakan, keberadaan mesin tersebut dapat membuat masyarakat di Kecamatan Labuan dan sekitarnya akan semakin mudah dalam mencetak dokumen kependudukan.

 

“Dengan hadirnya alat disini pasti dan harapan saya ini juga membantu pada masyarakat, namun saya juga merasa beban juga sebetulnya karena alat ini ada di luar ya kelihatan langsung. Tingkat keamanannya yang jelas, tapi alhamdulillah untuk kecamatan Labuan piket ini masih tetap bisa berjalan,” imbuh dia.

 

Sementara Kepala Disdukcapil Kabupaten Pandeglang, Mursidi belum dapat terkonfirmasi saat hendak dikonfirmasi mengenai hal ini. Panggilan telpon dan WhatsApp dari Krakatau Radio belum direspon. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply