ADSENSE

» » Permintaan Melonjak Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Melonjak


Domba di Saung Domba Kahuripan di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Menyusul makin dekatnya Hari Raya Idul Adha, harga hewan kurban seperti domba, kambing, sapi dan kerbau di Pandeglang, Banten, melonjak. Lonjakan harga bahkan sudah mencapai Rp 300 sampai 500 ribu per ekor untuk kambing dan domba.

 

Salah satu pedagang domba di Pandeglang, Dede Sumantri mengatakan, kenaikan ini selain dipicu dari permintaan yang tinggi juga karena imbas kenaikan dari harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

 

“Itu sih sudah menjadi sebuah demand dan supply (penawaran dan permintaan) ya. Semakin banyak peminat akan menghasilkan harganya tinggi. Itu sudah menjadi prinsip ekonomi juga seperti itu. Kenaikan BBM naik berpengaruh juga pasti ke kenaikan harga domba menjelang lebaran ini,” kata dia, Rabu (15/06).

 

Pemilik Saung Domba Kahuripan (SDK) di Kecamatan Pagelaran ini menuturkan, kenaikan ini juga terjadi dikarenakan adanya biaya tambahan pakan.

 

“Kenaikannya sekarang memang agak sedikit lumayan kan karena sekarang harga pakan juga sudah mulai naik terus,” ujarnya.

 

Baca: Kabupaten Pandeglang Berangkatkan 371 Calhaj ke Tanah Suci

 

Baca: Puluhan Atlet Disabilitas Asal Pandeglang Meriahkan Peparpeda Banten

 

Pria yang juga anggota DPRD Pandeglang ini menambahkan, kenaikan harga hewan kurban ini tidak terlalu signifikan. Menurut dia, harga domba per ekor mengalami kenaikan Rp 300 sampai 500 ribu. Sementara untuk hewan sapi dan kerbau Rp 1 hingga Rp 2 juta.

 

“Tapi tidak akan tinggi sih, kalau pun naik ya diangka minimalnya dari 300 sampai 500 ribu dari tahun kemarin,” ucap politisi PKS ini.

 

Ia memastikan, hewan kurban yang dijual dalam keadaan sehat. Dia juga menjamin hewan kurban miliknya tidak terkena wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

 

“Insha Allah kalau kesediaan hewan di Pandeglang aman lah. Kalau PMK belum ada laporan ya di kabupaten Pandeglang yang terjangkit positif khususnya di domba atau sapi. Ya mudah-mudahan saja di Pandeglang bebas PMK,” tuturnya seraya menambahkan untuk harga domba yang ia jual mulai dari Rp 1,8 juta sampai dengan Rp 5,5 juta. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply