ADSENSE

» » Bantu Soal Mitigasi Bencana, Mahasiswa STAISMAN KKN di Kecamatan Labuan

Puluhan mahasiwa STAISMAN Pandeglang saat mengikuti acara pelepasan di Aula kantor Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Senin (25/07/2022).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur (STAISMAN) Pandeglang, melepas 64 mahasiswa ke 7 Desa di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis mitigasi kebencanaan.

 

Pelepasan kegiatan ini dilakukan di Aula kantor Kecamatan Labuan, yang dihadiri Ketua STAISMAN Pandeglang, Dr. H. Kosasih, M.Pd, Satuan Muspika Kecamatan Labuan, Kepala Desa, dan puluhan mahasiswa, Senin (25/07/2022).

 

KKN ini dilangsungkan sejak hari ini hingga tanggal 25 Agustus 2022 mendatang, yang difokuskan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat di kawasan rawan bencana, baik itu bencana alam, atau akibat ulah manusia.

 

Ketua STAISMAN Pandeglang, Dr. H. Kosasih, M.Pd mengatakan, tujuan dari KKN ini yakni menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

“Yang artinya mereka sebelum menjadi sarjana dibekali ilmu pengetahuan yang di kampus sudah dilaksanakan, tinggal bagaimana mereka terjun ke masyarakat untuk mendapat ilmu di luar kampus,” ujarnya ditemui usai acara pelepasan.

 

Menurut dia, dipilihnya Kecamatan Labuan sebagai lokus kegiatan, karena wilayah ini rentan bencana, mulai dari banjir dan lainnya. Selain itu untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat tangguh bencana.

 

“Pengabdian ini dengan tujuan tema mitigasi daripada mahasiswa ini bisa membantu atau mendapatkan solusi terkait ketika mendapatkan bencana apa yang harus dilakukan. Mahasiswa akan memberikan pengetahuan tentang itu kepada masyarakat atau mendapat informasi dari masyarakat kepada mahasiswa. Timbal balik lah. Intinya kita bekerjasama dengan aparat di desa yang ditempatkan lokasi KKN,” sambungnya.

 

Baca: Warga Kampung Kadujawer Terima Santunan Rp 42 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Raya

 

Baca: 3 Terminal di Pandeglang Terbengkalai, Dishub Akan Lakukan Pembahasan

 

Foto bersama acara pelepasan mahasiswa STAISMAN Pandeglang di Aula kantor Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Senin (25/07/2022).

Ditempat sama, Ketua panitia KKN STAISMAN Pandeglang, Aat Royhatudin mengatakan, ada sebanyak 64 mahasiswa yang terbagi dalam 7 kelompok di 7 Desa, diantaranya Desa Labuan, Teluk, Cigondang, Kalanganyar, Caringin, Sukamaju dan Rancatereup.

 

“Bentuk implementasi KKN ini berupa kegiatan pelatihan, pendampingan, penyuluhan, sosialisasi dan lain sebagainya yang dilakukan oleh mahasiswa dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan lingkungan khususnya mitigasi kebencanaan,” ujar dia.

 

Sementara Camat Labuan, Ace Jarnuji menyambut baik hadirnya mahasiswa STAISMAN Pandeglang di wilayahnya. Ia berharap kegiatan tersebut dapat berdampak baik terhadap penanganan bencana di Labuan.

 

“Bencana itu terjadi ada dua, pertama dari alam itu sendiri kedua dari ulah manusia. Yang sekarang lagi tren itu banjir dan sampah. Mudah-mudahan harapan saya dengan adanya mahasiswa ini agen perubahan, Labuan bisa berubah terutama kesadaran masyarakat dalam membuang sampah jangan sembarangan,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply