ADSENSE

» » Belajar Pengelolaan Sampah, Pemkab Pandeglang Studi ke Kota Cilegon

Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Walikota Cilegon Helldy Agustian saat meninjau Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kota Cilegon, Kamis (07/07/2022).

KRAKATAURADIO.COM, CILEGON - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melakukan studi pengelolaan sampah ke Kota Cilegon, Banten, Kamis (07/07/2022). Kedatangan rombongan Bupati Pandeglang ke Kota Baja diterima langsung Walikota Cilegon, Helldy Agustian di Rumah Dinas Walikota Cilegon.

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, dipilihnya Kota Cilegon untuk studi pengelolaan sampah, karena Pemkot Cilegon sudah teruji dan berprestasi dalam pengelolaan sampah yang terintegrasi.

 

“Studi pengelolaan sampah ke Kota Cilegon sudah kami rencanakan sebelumnya, dimana Pemkot Cilegon dalam urusan sampah malah menjadi pendapatan yang cukup besar terhadap PAD Cilegon,” kata Irna.

 

Menurut dia, pengelolaan sampah yang diterapkan di Kota Cilegon harus menjadi contoh bagi Pemda Pandeglang. Apalagi Pemda berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan sampah.

 

“Dalam pengelolaan sampah Pemkot Cilegon bekerjasama dengan perusahaan BUMN yakni PLN dengan PLTU. Di Pandeglang sendiri sudah ada PLTU Labuan kenapa tidak kita dorong kerjasama ini agar kedepan permasalahan sampah ini lebih efektif dan menghasilkan pendapatan bagi pemerintah daerah,” ujarnya.

 

Irna menerangkan, pengelolaan sampah di Pandeglang sendiri saat ini dikelola oleh pihak ketiga dan kerjasama tersebut hanya menghasilkan pendapatan sekitar Rp 350 juta per tahun. Akan tetapi jika melihat pengelolaan sampah di Kota Cilegon, lanjut dia, justru bisa menghasilkan pendapatan miliaran rupiah, karena urusan sampah ini dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

 

“Pengelolaan sampah di Kota Cilegon ini patut kita tiru dan diterapkan di Pandeglang sehingga urusan sampah ini tidak hanya untuk kebersihan saja akan tetapi bisa menghasilkan pendapatan bagi pemerintah daerah,” terangnya.

 

Baca: Ketua DPRD Pandeglang Beri Fasilitas Armada Kirim Bantuan FABA Rehab Alun-alun Pagelaran

 

Baca: Reses, Ketua DPRD Beri Bantuan Material Batu Perbaiki Jalan Rusak di Cimoyan

 

Sementara Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, Cilegon menjadi kota pertama di Indonesia yang telah berhasil merubah sampah menjadi bahan bakar briket batu bara. Hal ini, kata dia, menjadi keberhasilan tersendiri bagi Pemerintah Kota Cilegon.

 

“Dalam pengelolaan sampah ini kita bekerjasama dengan PLN dan PLTU sehingga urusan sampah ini bisa terintegrasi dengan baik dan dari sampah ini bisa dimanfaatkan menjadi briket batu bara. Tentu saja pengelolaan sampah ini bisa menghasilkan pendapatan bagi pemkot Cilegon,” ucap dia.

 

Helldy mengaku akan membantu Pemkab Pandeglang dalam hal pengelolaan sampah. Apalagi dalam pembelajaran pengelolaan sampah ini, pihaknya sudah mendapat kunjungan dari 10 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Pandeglang.

 

Dalam kegiatan studi pengelolaan sampah ke Kota Cilegon, Bupati Irna Narulita bersama Walikota Cilegon Helldy Agustian melakukan penandatanganan kerjasama pengelolaan sampah serta meninjau lokasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply