ADSENSE

» » Jelang Idul Ahda, Bupati Pastikan Keamanan dan Kesehatan Hewan Kurban

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat meninjau lapak penjual hewan kurban menjelang Idul Adha 1443 Hijriah.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita meninjau langsung sejumlah lapak pedagang hewan kurban untuk memastikan kesehatan dan keamanan hewan kurban mereka menjelang Idul Adha 1443 H yang jatuh pada 10 Juli.

 

Didampingi perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang, Bupati Irna mendatangi salah satu lapak penjual hewan kurban yang ada di lokasi pinggir jalan raya, tepatnya di Tenjolaya, Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang.

 

“Di lapak ini semua sudah diperiksa dan sehat, baik kerbau, kambing, maupun domba dan pemeriksaan masih berjalan terus sampai nanti hari Raya Idul Adha,” kata Irna.

 

Selain melakukan peninjauan, Bupati Irna juga melakukan pemasangan stiker dilapak para pedagang hewan kurban yang menandakan bahwa hewan ternak telah diperiksa secara intensif.

 

Diterangkannya, kelompok pedagang hewan kurban di Pandeglang baik itu milik pribadi, sewa dan lain sebagainya ada sebanyak 50 kelompok.

 

“Mereka harus patuh dan taat pada peraturan pemerintah, dimana kandang ternak harus bersih, hewan kurban yang dijual harus sehat bebas dari berbagai penyakit,” ujarnya.

 

Terkait maraknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Irna mengimbau agar seluruh pedagang dapat patuh dan taat aturan dalam membersihkan kandang.

 

Baca: Pandeglang Belum Terapkan Aturan Beli Pertalite dan Solar Pakai Aplikasi

 

Baca: Ketua DPRD Pandeglang Minta Pemerintah Kaji Ulang Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi saat Beli Migor Curah

 

Sementara itu, Kepala DPKP Pandeglang, Budi S Januardi mengatakan, hewan ternak yang akan dijual oleh para pedagang untuk kebutuhan Idul Adha harus dipastikan sehat.

 

“Kami rutin melakukan pengecekan ke setiap lapak penjual hewan kurban, pemeriksaan masih berjalan sampai satu minggu kedepan, hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang akan dijual benar-benar terjamin kesehatanya,” ucap dia.

 

Ia meminta kepada para pedagang hewan kurban apabila mendapati penyakit pada hewan ternaknya, segera laporkan ke Pemerintah daerah melalui pihaknya.

 

“Tapi alhamdulilah sampai dengan saat ini hewan ternak yang dijual para pedagang sehat semua, karena intens dilakukan pemeriksaan,” tandasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply