ADSENSE

» » Menko Luhut dan Menteri PUPR Basuki Resmikan Groundbreaking Tol Serang-Panimbang Seksi 3

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi 3 (Cileles-Panimbang) di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Senin (08/08/2022).

KRAKATAURADIO.COM, PANIMBANG - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi 3 (Cileles-Panimbang) di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (08/08/2022).

 

Hadir dalam acara ini Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono, penjabat (pj) Gubernur Banten Al Muktabar, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Wakil Bupati Lebak Ade Sumantri dan sejumlah pejabat lainnya.

 

Dalam sambutannya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, pembangunan tol ini dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai total investasi mencapai Rp 8,58 triliun. Dia berharap pembangunan tol ini dapat diselesaikan pada 2024 mendatang.

 

“Sekarang kalau melihat tadi gambar breafing tol rute ini maka ini akan membuka lembaran baru buat Banten. Saya fikir akan 2 jam dari Jakarta menuju Tanjung Lesung dan ini pekerjaan besar yang dilakukan oleh PUPR dan saya berharap bapak Gubernur dengan seluruh jajarannya baik Bupati ayo kita manfaatkan dengan baik,” kata dia.

 

Jika sudah tersambung sepenuhnya Tol Serang-Panimbang ini, kata dia, akan menghubungkan wilayah DKI Jakarta dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Sehingga dengan hadirnya turis bisa mengangkat ekonomi daerah.

 

“Saya berharap juga pada teman-teman sekalian dengan jadinya jalan ini maka ini akan menjadi salah satu tourist destination yang akan bagus karena jalannya dengan Jakarta hanya 2-3 jam,” sambungnya.

 

Baca: Setelah Terminal Cadasari, Terminal Carita dan Panimbang Juga Bakal Direaktivasi, Ini Waktunya

 

Baca: Pulang ke Pandeglang, Ayu Disambut Keluarga dan Warga

 

Adapun acara ini berlangsung di ruas jalan Sp. Labuan-Cibaliung STA 16+500, exit Tol Panimbang, tepatnya di Kampung Solodengeun, Desa Panimbangjaya. Groundbreaking resmi dibuka saat sirine dibunyikan.

 

Lokasi proyek berjarak sekitar 13 km dengan gerbang masuk Tanjung Lesung dengan waktu tempuh 15 menit - 20 menit. Jalan Tol Serang - Panimbang diproyeksikan dapat mendongkrak pariwisata di KEK Tanjung Lesung.

 

Mengutip situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), proyek ini terdiri dari tiga Seksi. Seksi 1 Tol Serang - Panimbang sepanjang 26,5 Km menghubungkan Serang - Rangkasbitung telah beroperasi sejak 2021 lalu. 

 

Kemudian Seksi 2 sepanjang 24,17 Km menghubungkan Rangkasbitung - Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 Km menghubungkan Cileles - Panimbang.

 

Adapun total pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang adalah sepanjang 83,67 Km dan ditargetkan bisa beroperasi penuh pada 2024. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply