ADSENSE

» » Di Pandeglang, Berbagai Perlombaan Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional

Acara pembukaan lomba Hari Santri Nasional (HSN) ke-8 tahun 2022 tingkat Kabupaten Pandeglang, di Kantor Kementerian Agama Pandeglang, Senin (10/10/2022).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kabupaten Pandeglang dikenal sebagai daerah Seribu Ulama Sejuta Santri. Julukan itu lantaran keberadaan ulama-ulama besar yang ada di Provinsi Banten dan banyaknya pondok pesantren (Ponpes) yang tersebar di 35 Kecamatan di Pandeglang.

 

Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-8 tahun 2022 yang jatuh pada 22 Oktober mendatang, berbagai perlombaan siap digelar.

 

Ketua peringatan HSN 2022, Tubagus Nuruzaman mengatakan, pada peringatan HSN tahun ini, terdapat 8 mata lomba yang akan dilaksanakan yaitu lomba marhaba, marawis, hadroh, mars hari santri, kaligrafi, senam santri, pidato tiga bahasa, dan qiroatul kutub.

 

“Peserta yang ikut serta sebanyak 2000 santri, tempat kegiatan di beberapa titik yaitu kantor kementerian agama, gedung majelis ulama Indonesia, balai budaya, dan PCNU Pandeglang,” kata dia pada acara pembukaan di Kantor Kementerian Agama Pandeglang, Senin (10/10).

 

Ia menerangkan, kegiatan puncak HSN akan dilaksanakan di Alun-alun Pandeglang yang akan diawali dengan istighosah akbar yang akan dipimpin oleh ulama kharismatik Abuya Muhtadi bin Dimyati Cidahu, Cadasari.

 

“Acara dimulai besok (Selasa,red) sampai dengan tanggal 21 harus selesai. Acara puncaknya peringatan pada tanggal 22 Oktober di alun-alun,” ujarnya.

 

Menurut dia, peringatan HSN tingkat Kabupaten tahun ini mempersatukan seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam yang ada di Pandeglang. Pasalnya, kegiatan serupa pada tahun lalu dilaksanakan secara terpisah. Namun pada tahun ini adalah gabungan dari semua ormas Islam dalam kepanitiaannya.

 

Dengan kebersamaan yang dibangun ini, kata dia, menunjukan bahwa kaum muda ingin bersatu berkolaborasi membangun Kabupaten Pandeglang.

 

“Yang hadir saat ini diantaranya NU, Muhamadiyah, FSPP, dan Mathla'ul Anwar. Tidak berhenti sampai disini kebersatuan ini terus terbangun untuk Pandeglang bisa lebih maju,” imbuhnya.

 

Baca: Dinas Sosial Salurkan Bantuan Sosial Dampak Bencana di Pandeglang

 

Baca: Bupati Pandeglang Didatangi Forum Honorer, Minta Kuota PPPK Tenaga Teknis Ditambah

 

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengapresiasi kegiatan perlombaan yang digelar dalam rangka HSN. Irna berharap, kepanitiaan peringatan HSN kali ini jangan dibubarkan karena bisa mempersatukan seluruh ormas Islam di Pandeglang.

 

“Semua berkolaborasi. Saya harap ini terus dibangun, kita semua punya misi yang sama, jika semua bersatu negeri ini akan aman dan maju,” ucap dia.

 

Menurut Irna, santri tidak dapat dipisahkan dari kemerdekaan NKRI. Sebab, kemerdekaan bangsa ini tidak luput dari perjuangan para ulama dan santri.

 

“Kita bisa menghirup udara bebas ini berkat perjuangan santri pada masa dulu. Mari semua ormas kitas duduk bersama, satukan visi, program apa yang bisa kita bahas untuk 2023 program yang maslahat untuk umat,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply