Bupati Pandeglang Minta Jajarannya Berinovasi Kejar Target PAD

Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita terus memaksimalkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal ini untuk dapat membantu fiskal agar anggaran daerah dapat lebih maksimal dan terasa dalam sektor pembangunan.

 

“Fiskal iya emang mengkeret. Semua kabupaten dan kota juga transfer berkurang, tapi saya sedang dorong ke PAD. Kan gak mungkin saya diamkan tuh OPD, mereka harus bergerak. Targetnya kecil-kecil tapi saya minta terlampaui,” kata Irna, beberapa waktu lalu.

 

Irna mengakui, laju pertumbuhan ekonomi di Pandeglang masih di bawah rata-rata nasional. Namun rendahnya laju pertumbuhan ekonomi ini lantaran beberapa tahun lalu telah banyak ujian, mulai dari bencana tsunami kemudian disambung oleh pandemi Covid-19.

 

“Ya banyak, kita diberikan ujian tapi gak kecil hati. Habis tsunami baru recovery 9 bulan, 10 bulan, udah masuk tuh kan bencana non alam (Covid-19), ekonomi bergerak lambat, iya. Nah mudah-mudahan sekarang nih kita harus bangkit, tapi ada plus minusnya, angka kemiskinan menurun karena kita sebar terus bantuan sosial,” terangnya.

 

Baca: Jalan Status Provinsi di Pandeglang Sibuk Ditambal Menjelang Idul Fitri

 

Baca: Jelang Waktu Berbuka Puasa, Satu Unit Rumah di Picung Terbakar

 

Pemkab juga, lanjutnya, terus berupaya menekan angka pengangguran salah satunya dengan mengundang investor-investor ke Pandeglang. Untuk itu, momentum Hari Jadi ke-149 tahun pada 1 April, menjadi bagian dari evaluasi.

 

“Bagaimana sih daya pemantiknya ini, oh sekarang udah ada tol Serang-Panimbang, perizinan sekarang lebih transparan, kalau dulu kan bisa berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Nah itulah kepercayaannya tumbuh perlahan tapi pasti. Saya harus pasang strategi dan semangat untuk para OPD begitu, karena memang fiskal kalau kita lihat turun 100 miliar,” beber dia.

 

Mewujudkan hal tersebut, Pemda Pandeglang terus berupaya berkolaborasi dan membangun sinergi dengan pihak internal dan eksternal.

 

“Kami berharap untuk kedepannya apa nih kekurangan saya dengan Tanto (Wakil Bupati) yang masih menjadi PR yang harus kita tindaklanjuti, nah saya butuh yang lainnya bersama-sama untuk mengawal program-program pembangunan,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.