Libur Lebaran, Balawista Turunkan 200 Personel Kawal Wisatawan di Provinsi Banten

Personel Balawista.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten menurunkan sebanyak 200 personel di momen libur lebaran Idul Fitri 1444 H. Ratusan personil ini diterjunkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada wisatawan atau pengunjung yang berlibur di kawasan wisata yang ada di Provinsi Banten.

 

Ketua Umum Balawista, Ade Ervin mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten khususnya Dinas Pariwisata dan instansi lainnya, terkait persiapan libur lebaran 2023 ini. Berbagai sarana dan prasarana milik Balawista telah disiagakan.

 

“Balawista sebagai pelaksana pusat krisis pariwisata provinsi, tentunya dalam persiapan pelaksanaan Idul Fitri ini kita selain memang sumber daya yang kita siapkan, peta-peta wisata terus juga peralatan dan skema operasi yang tentukan di wilayah provinsi Banten,” kata dia, Rabu (19/04).

 

Ia menerangkan, pihaknya menerjunkan 200 personel yang di sebar di 120 destinasi wisata dari 900 destinasi wisata yang tercatat aktif di Provinsi Banten.

 

“Dari total personel yang disiapkan dan peralatan yang kita turunkan, kita membangun 14 posko layanan. Bagian posko juga tentunya ada di kawasan Carita, Tanjung Lesung hingga kawasan wisata tirta seperti DM dan CAS Water Park. Selain itu memang kita ada border di kawasan Cikoncang, kawasan Lebak juga buat posko disana,” terangnya.

 

Baca: Sambut Kawasan Industri, Ketua DPRD Minta Warga Pandeglang Jangan Jadi Penonton

 

Baca: 4.590 Orang Terima Zakat Fitrah dari Baznas Pandeglang

 

Ia menambahkan, dalam libur lebaran tahun ini, Pemprov Banten menargetkan sebanyak 5 juta kunjungan wisatawan yang terdiri dari dua segmen, yaitu segmen wisata terbuka seperti pantai, kolam renang waterpark dan waterboom sebanyak 2,5 juta kunjungan, dan wisata tertutup seperti hotel, wisata religi dan kuliner sebanyak 2,5 juta kunjungan.

 

“Ada sekitar 5 juta wisatawan yang akan datang ke kawasan provinsi Banten, dimulai dari tanggal 22 April hingga masa akhir liburan itu tanggal 30 April 2023 dan tentunya itu tersebar di berbagai segmentasi wisata yang ada,” imbuh dia.

 

Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan posko layanan, dan melakukan monitoring dan menempatkan anggota yang memiliki kompetensi di bidang penyelamatan. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.