Menteri Kelautan dan Perikanan Singgung Persoalan Sampah di Pesisir Teluk Pandeglang

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, saat mengunjungi kantor Pelabuhan Perikanan Pantai di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (11/04/2023).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menyinggung persoalan sampah yang ada di kawasan teluk Labuan, Kabupaten Pandeglang. Menurut dia, pemerintah daerah harus dapat melibatkan warga dalam persoalan itu.

 

“Tadi saya singgung, jadi saya minta kepada kepala dinas jangan cuma dilihat aja tapi kemudian digerakkan supaya melibatkan masyarakat, itu yang paling penting,” kata dia saat mengunjungi kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (11/04).

 

Menurut Trenggono, persoalan sampah bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan tanggung jawab seluruh pihak.

 

“Kan sampah bukan hanya tanggung jawab aparat, tetapi masyarakat juga, bahwa laut ini kalau rusak dan kotor ikannya nanti sulit. Kalau ada ikan, ikannya makan mikroplastik (potongan plastik yang kecil dan mencemari lingkungan,red) jadi tidak sehat, itu yang paling penting,” terangnya.

 

Saat ditanya terkait sarana prasarana yang rusak di kawasan milik pemerintah, ia akan mengecek terlebih dahulu ke pemerintah daerah untuk segera dapat ditindaklanjuti.

 

“Ini kan miliknya pemerintah daerah. Kita akan cek ke pemerintah daerah sejauh mana anggarannya bagaimana dan seterusnya, kalau tidak dan kemudian potensinya bagus kita akan usulkan melalui bapenas nih untuk diturunkan melalui DAK,” jelas dia.

 

Baca: Hendak Tutup Pintu, Mobil Angkutan Umum di Pandeglang Tabrak Kios hingga Pagar Rumah

 

Baca: Kunjungi Pandeglang, Menteri Trenggono Pastikan Lihat Potensi Dermaga Teluk Jadi Kawasan Pelabuhan

 

Ditempat sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, Eli Susiyanti mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk terkait pengangkutan sampah secara berkala. Pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, satuan Muspika dan masyarakat.

 

“Sampah tadi pak menteri berpesan untuk selalu diadakan kegiatan secara rutin pembersihan di pantai, bekerjasama dengan lingkungan hidup tentu saja ya bukan hanya pemerintah saja,” ungkap dia. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.