Hari ke-11, KPU Terima Berkas Pendaftaran Caleg dari 3 Parpol, 2 Parpol Daftar Jumat

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pandeglang mengajukan Bakal Calon Legislatif (Caleg) anggota DPRD Kabupaten pada Pemilu Tahun 2024, di Kantor KPU Pandeglang, Selasa (09/05/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Banten, telah menerima berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Caleg) DPRD tingkat Kabupaten dari 3 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, diantaranya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Nasdem.

 

Komisioner KPU Pandeglang, Ahmadi mengatakan, PKS merupakan Parpol pertama yang melakukan pendaftaran, disusul PDIP dan Nasdem. Parpol tersebut, kata dia, mulai mendaftar sejak Selasa 09 Mei 2023.

 

“Kemarin baru 3, nah itu kan pertama PKS kemudian yang kedua PDIP yang ketiga Nasdem. Rencana hari ini PAN dan dan Demokrat. PAN itu jam 14.00 kemudian Demokrat jam 15.30 WIB,” kata dia, Jumat (12/05) pagi.

 

Ia menyebut, Parpol yang belum mendaftarkan Calegnya rencananya dilakukan pada hari Sabtu dan hari terakhir pendaftaran, Minggu 14 Mei 2023. Menurut dia, KPU telah melakukan persiapan guna mengantisipasi hal tersebut.

 

“Jadi kita sudah lakukan simulasi, jadi ketika datang 2, datang 3, kita juga sudah menyiapkan tim. Lagipula kan kita juga sudah menyampaikan ke pengurus Parpol ketika akan mendaftarkan bacalegnya sehari sebelumnya itu bisa dikonsultasikan, karena mereka kan harus mengupload persyaratan itu kan di silon (sistem informasi pencalonan). Jadi meskipun mereka datang bersamaan kita tetap tertib, jadi yang dahulu datang nah itu yang kita dahulukan,” jelasnya.

 

Baca: Tinjau Lokasi Gempa Sumur, Bupati Pastikan Prioritas Keselamatan Warga

 

Baca: Total Terjadi 65 Kali Gempa Susulan di Sumur Pandeglang

 

Sementara, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PKS Kabupaten Pandeglang, Agus Sopian mengatakan, PKS Kabupaten Pandeglang telah mengajukan 50 bakal Caleg yang tersebar di 6 Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Pandeglang sesuai dengan jumlah alokasi kursi DPRD Pandeglang.

 

“Kita berharap 12 kursi target besarnya, per dapil 2 (kursi), naik 100 persen dari pemilu sebelumnya,” ucap dia.

 

Pihaknya mengaku telah menyiapkan sejumlah strategi, diantaranya penguatan Caleg potensial, dukungan tokoh dan penguatan struktur Parpol.

 

“Pertama itu kita telah pasang caleg-caleg potensial di tiap dapil, kemudian kita juga berharap dukungan dari tokoh, terutama pak Dimyati Natakusumah karena kader PKS kan, nah itu bisa menambah kursi kita, yang ketiga tentu kita penguatan struktur partai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa sampai ke tingkat TPS dan RT RW,” ungkapnya.

 

Setelah mendaftar ke KPU, pihaknya menginstruksikan para Caleg untuk turun ke masyarakat guna mensosialisasikan diri.

 

“Pendaftaran udah tinggal mulai mereka sosialisasi ke masyarakat, terjun, turun ke masyarakat mulai menyampaikan bahwa mereka dicalonkan, sampaikan gagasan dan memperkenalkan diri,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.