Puskesmas Carita Gelar Aksi Donor Darah Semarak Kemerdekaan

Aksi donor darah di kantor Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (22/08/2023).

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Upt Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Carita, Kabupaten Pandeglang, menggelar kegiatan kemanusiaan aksi donor darah, di kantor Kecamatan Carita, Selasa (22/08/2023). Kegiatan ini diikuti oleh satuan Muspika di Kecamatan Carita, pelaku wisata dan masyarakat.

 

Kepala Puskesmas Carita, Tien Sulaisiah mengatakan, kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia itu bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

 

Menurut dia, pihaknya bekerjasama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Pandeglang. Kegiatan di awali dengan melakukan screening pemeriksaan kesehatan terhadap para pendaftar yang berpartisipasi dalam donor darah ini.

 

“Kita pernah sharing dengan PMI kabupaten bahwa tujuannya itu adalah untuk memenuhi stok darah untuk kebutuhan UDD PMI Pandeglang. Panitia PHBN yang kebetulan ketuanya saya membuat inisiasi bahwa kegiatan dalam rangka HUT RI ini kita adakan kegiatan penggalangan donor darah,” kata dia.

 

Ia mengatakan, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian warga Carita terhadap sesama khususnya untuk membantu warga masyarakat yang membutuhkan darah. Pihaknya menargetkan sebanyak 50 kantung darah dapat terkumpul.

 

“Ini kerjasama dari pihak swasta, pariwisata, desa dan dari instansi yang lainnya sehingga dikomadoin tim panitia dari PHBN dalam HUT RI ini pada datang semua,” ujarnya.

 

Baca: Penutupan Jalur Mengger-Caringin, Banyak Pengendara Belum Tahu

 

Baca: KPU Tetapkan DCS Anggota DPRD Pandeglang, Ini Linknya

 

Ditempat sama, petugas transfusi darah PMI Pandeglang, Atina Salama menyebut, stok darah di Pandeglang terbatas. Untuk menutupi kekurangan itu, PMI sering melakukan kegiatan donor darah bahkan sampai ke luar daerah.

 

“Di luar daerah misalkan di hotel terus mall kaya gitu tuh, terus gereja, itu di luar Pandeglang. Kalau misalkan untuk kita mengadakan di Pandeglang sendiri masih kekurangan makanya kita nerima yang di luar Pandeglang kaya Serang, pabrik-pabrik, Tangerang, Serpong sampai Jakarta,” tutur dia.

 

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendonorkan darahnya.

 

“Target 50 kantong, cuma kan 50 itu ada yang ditolak ada yang diterima, tapi sekarang baru 23 kantong yang bisa diambil,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.