7 Tips Bebas Diare Saat Traveling



Saat traveling, pasti Anda suka mencicipi masakan lokal atau wisata kuliner setempat. Tapi hati-hati, karena makanan dan minuman itu belum tentu bersih. Agar terhindar dari penyakit diare, simak dulu 7 tips ini :

1. Jangan minum sembarangan

Saat traveling terutama bertualang di alam bebas, jangan minum air sembarangan. Bisa dari sungai, danau, atau air mengalir yang belum pasti bisa diminum atau tidak. Minumlah hanya dari sumber air, atau jika warga lokal sudah memastikan airnya bersih.

2. Selalu bawa air mineral botolan

Agar tidak minum sembarangan, bawalah air mineral botolan ke manapun Anda pergi. Tak perlu botol ukuran besar, cukup air mineral ukuran sedang. Pastikan merk air mineral itu tidak abal-abal. Hal ini untuk memastikan air yang Anda minum benar-benar higienis.

3. Saat membeli minum, pesan tanpa es batu

Es batu belum tentu higienis. Anda tak pernah tahu sang penjual membuat es batunya dari air matang atau mentah. Jika ingin pesan minuman dingin, ambillah minuman dari kulkas atau yang direndam es. Penelitian membuktikan, di dalam es batu terdapat banyak bakteri yang menyebabkan diare.

4. Lap bagian atas botol atau kaleng sebelum diminum

Setelah membeli minuman, baik itu botolan atau kalengan, sebaiknya dilap dulu bagian atasnya. Hal ini untuk mencegah bakteri masuk ke mulut. Tentunya Anda tak ingin debu dan kotoran menempel langsung ke mulut bukan? Hal-hal seperti ini juga bisa menimbulkan diare!

5. Jauhi makanan mentah

Di beberapa daerah baik Indonesia maupun luar negeri, makanan mentah terutama daging sering jadi kuliner khas lokal. Berhati-hatilah, usahakan jangan makan makanan mentah. Saat masih mentah, bakteri dengan mudah hinggap dan berkembang biak di daging tersebut. Belum lagi parasit yang mungkin ada di daging tersebut.

6. Air jangan terminum saat mandi menggunakan shower

Baik di hotel maupun di penginapan jenis lain, usahakan tutup mulut Anda saat sedang mandi menggunakan shower. Bukannya apa-apa, air di tempat tersebut belum tentu higienis kalau sampai terminum. Alangkah baiknya kalau Anda sikat gigi menggunakan air mineral botolan, seperti yang biasa disediakan di hotel.

7. Bawa oralit dan obat diare

Kalau semua hal itu sudah dilakukan dan Anda masih terkena diare, satu-satunya pertolongan pertama adalah obat diare atau oralit. Larutan oralit tersedia di apotek-apotek, pun obat diare.

Kalau Anda sedang bertualang di alam seperti mendaki gunung dan lupa bawa oralit, campurkanlah gula dan garam ke dalam segelas air hangat. Seusai meminum larutan itu, jangan lupa banyak minum air putih ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.