Jaga Budaya, Jaga Alam, Lestari! Event Akarsari Culture Festival Siap Digelar

Panitia Akarsari Culture Festival saat talkshow di Krakatau Radio, Selasa (11/07/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Event perdana yang mengangkat pelestarian budaya, alam dan bazar UMKM di Pandeglang, Akarsari Culture Festival (ACF) siap digelar dalam waktu dekat ini. Persiapan panitia saat ini hampir rampung, atau sudah mencapai 80 persen.

 

Kepastian ini disampaikan Ketua Pelaksana ACF, Yudi Wahyudi didampingi Wakil Ketua Pelaksana, Eka Supriatna saat talkshow di Krakatau Radio, Selasa (11/07/2023).

 

Yudi menerangkan, ada puluhan organisasi yang tergabung dalam kepanitian untuk mensukseskan event tersebut. Menurut dia, kolaborasi ini dibutuhkan mengingat banyak acara yang akan digelar.

 

“Karena tadi itu collective action kita ada 49 NGO (organisasi nirlaba yang memiliki kepentingan sosial dan lingkungan) itu memang sering ngobrol aja sifatnya, kaya contoh misalkan kita buka dengan Kominfo itu literasi digital, terus dengan BPBD mereka melakukan edukasi, dengan puskesmas, ada explore Banten, banyak banget deh. Beberapa kesenian tradisional juga terlibat. Nah intinya memang kita sering menyampaikan hari ini kita butuh kolaborasi karena bisa memudahkan kita dalam berbagai hal,” kata dia.

 

Yudi mengatakan, kegiatan ini akan digelar di Alun-alun Kecamatan Saketi dan lapangan Desa Kaduengang Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, dengan pelaksanaan di mulai sejak Sabtu 15 Juli sampai dengan Minggu 23 Juli 2023. Tujuan besar dari event ini yakni ‘Jaga Alam, Jaga Budaya, Lestari’.

 

Baca: Ini Pemenang Sayembara Desain Logo Carita, Pria yang Aktif di Industri Kreatif

 

Baca: Ini Sasaran Penindakan Pelanggaran dalam Operasi Patuh Maung 2023

 

ACF ini akan diisi gelar produk UMKM, donor darah, dan pembayaran pajak kendaraan bermotor sejak Sabtu 15 Juli sampai dengan Minggu 23 Juli 2023.

 

Untuk lainnya diantaranya senam massal, literasi digital, fun bike, aksi unik sepeda ontel, atraksi BMX freestyle, penampilan band Roompoet Hijau. Selain itu talkshow Explore Banten, panggung kreasi rakyat, pelatihan keluarga tangguh bencana.

 

Ada juga permainan anak tradisional, edukasi memilah sampah, penampilan sanggar, charity, festival pencak silat, pameran hidroponik, penanaman pohon, kemah bakti, fashion show, kuliner tradisional, dan lainnya.

 

“Opening seremonial tanggal 19 yang kita luncurkan nanti ada sanggar-sanggar insha Allah sambil sekalian nanti ada simbolis akarsari berbagi,” terangnya.

 

Baca: Gelar Patroli KRYD, Polres Pandeglang Amankan Ratusan Botol Miras

 

Wakil ketua panitia, Eka Supriatna menambahkan, dihelatnya ACF merupakan sebuah kepedulian lintas organisasi terkait pelestarian alam, budaya dan pegunungan Akarsari. Hal ini lantaran pegunungan Akarsari memiliki fungsi yang penting bagi sistem penyangga kehidupan.

 

Ia menegaskan, kegiatan ini bukan kepentingan politik, namun murni sosial. Untuk itu, pihak lainnya diharapkan dapat memberikan dukungan agar event tersebut dapat berjalan lancar.

 

“Kami juga mohon support dari semua pihak dan mudah-mudahan ini ada efek domino yang positif dari output kegiatan ini baik untuk PAD Pandeglang sendiri termasuk beberapa destinasi dan terutama kepada UMKM. Insha Allah dengan bersama kita bisa dan ini sekali lagi ini kegiatan sosial untuk kita semua,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.