Peristiwa Langka, Puluhan Tukik Menetas di Pantai Carita yang Ramai. Pertanda Apa?

Puluhan tukik atau bayi penyu ditemukan menetas di kawasan pantai Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Selasa (04/07/2023) malam.

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Warga Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, dihebohkan dengan penemuan puluhan ekor tukik atau bayi penyu yang baru menetas, Selasa (04/07/2023) malam. Peristiwa ini sangat langka karena biasanya penyu hanya bertelur di pantai berpasir yang sepi dari aktivitas manusia dan suara ramai.

 

Ketua Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC), E.A. Supriadi Franky mengatakan, penemuan sebanyak 70 an ekor tukik ini ditemukan tepat di belakang Hotel Lippo, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

 

Ia menerangkan, saat itu tamu atau wisatawan sebelumnya melihat seekor penyu betina. Kemudian penyu tersebut dibawa kembali ke laut, namun beberapa minggu kemudian penyu ini diduga kembali ke daratan dan bertelur.

 

“Sebelum dia bertelur ketemu sama tamu katanya posisinya belum bertelur, makanya dibawa lagi ke laut. Dapat sebulan apa dua tiga minggu, dia mungkin ke darat lagi, ditemuinya sama tamu dengan security lippo dalam keadaan sudah menetas,” kata dia, Rabu (05/07).

 

Mendengar adanya penemuan tukik ini, warga bersama tim konservasi setempat langsung mengamankan puluhan bayi penyu tersebut agar tidak mati.

 

Rencananya, satwa yang dilindungi ini akan dilakukan pemeliharaan terlebih dahulu sebelum akan dilepas kembali ke laut.

 

“Rencana agak di gedein dikit terus mau dilepasin momennya cari yang pas. Mungkin pas 17 Agustus apa gimana gitu,” ujarnya.

 

Baca: Dalang Muda Asal Pandeglang Siap Go Internasional Manggung di Prancis dan Thailand

 

Baca: Sepeda Listrik Dilarang di Jalan Raya, Satlantas Polres Pandeglang Sampaikan Aturannya

 

Terdapat 72 ekor tukik yang berhasil dievakuasi. Namun ada juga tukik yang langsung dilepasliarkan oleh pengunjung pada saat ditemukan.

 

Temuan tukik ini merupakan peristiwa yang langka. Mengingat pantai Carita sendiri merupakan pantai yang selalu ramai pengunjung. Menurut dia, hal ini merupakan pertanda bahwa Carita akan ramai dikunjungi wisatawan.

 

“Bagi saya langka lah baru liat tukik yang menetas di keadaan orang yang rame gitu di wisata rame banget. Kecuali model pantai Sumur kesana, TNUK, udah gak aneh kan. Ini mah orang berjubel dengan ribuan orang tiap hari dia berani,” ucap dia.

 

Pertanda mau rame aja, karena bertelur pun dia walaupun banyak orang dia nyaman, apalagi orang. Saking nyamannya di Carita ya Carita banyak cerita,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.