Tips Menjaga Tubuh Sehat Selama Musim Kemarau

Tips Menjaga Tubuh Sehat Selama Musim Kemarau

 

Krakatauradio.com - Kaka Teteh, tidak terasa kita telah beranjak memasuki musim kemarau sehingga cuaca panas terik menjadi sesuatu yang lumrah untuk ditemui setiap harinya. Namun dengan paparan suhu panas secara terus menerus, tentu seseorang menjadi lebih cepat lelah dan dehidrasi sehingga gangguan kesehatan mungkin terjadi seperti sakit kepala, pusing, flu, hingga demam.

Sejumlah penyakit yang timbul tersebut tentu bisa mengganggu keberlangsungan aktivitas harian. Oleh karena itu, Kaka Teteh perlu menjaga tubuh sehat sehingga tetap bugar walau matahari menyengat. 

Terdapat sejumlah tips jitu yang perlu Kaka Teteh ketahui dan ampuh mencegah gangguan kesehatan tersebut. Yuk, ketahui selengkapnya berikut ini.

1. Melengkapi Kebutuhan Air

Seperti yang kita ketahui, cuaca panas identik dengan rasa haus yang datang terus menerus. Tidak heran bila dehidrasi menjadi suatu hal yang sering didapati di musim kemarau karena kebutuhan air seseorang yang tidak terpenuhi secara maksimal. 

Oleh karena itu, rajin minum air putih menjadi salah satu tips jitu untuk menjaga tubuh sehat di cuaca panas yang menyengat.

Hal pertama yang perlu Kaka Teteh perhatikan adalah total kebutuhan air yang perlu dicukupi seseorang. Pada orang dewasa, Kaka Teteh perlu mengkonsumsi hingga dua liter cairan setiap harinya atau setara dengan delapan gelas 230ml untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan terhindar dari dehidrasi.

Walau terkesan sangat banyak, namun Kaka Teteh tidak perlu terlalu khawatir karena kebutuhan ini juga bisa dipenuhi melalui sejumlah makanan dan minuman lainnya. 

Kaka Teteh dapat mengkonsumsi sejumlah jenis sayuran bahkan buah-buahan seperti semangka yang diketahui memiliki hingga 90% kadar air didalamnya.

2. Menghindari Paparan Cuaca Terik Berkepanjangan

Ketika menjalani aktivitas harian, berada di luar ruangan menjadi suatu keharusan yang sulit dihindari. Namun pada musim kemarau yang sudah didepan mata ini, hal tersebut perlu diminimalisir karena bisa mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan dengan tingkat risiko yang cukup tinggi.

Apabila di situasi mendesak, tentu Kaka Teteh bisa menyiasati kondisi tersebut dengan menggunakan payung maupun kain untuk menjadi proteksi tambahan sehingga bisa menjaga tubuh sehat selama musim kemarau berlangsung. 

Selain itu, Kaka Teteh juga perlu memperhatikan waktu sebelum memutuskan untuk berhadapan dengan terik matahari karena suhu pada pukul 10.00 sampai 14.00 sedang tinggi-tingginya.


3, Jaga Pola Makan Sehat

Setelah memaksimalkan proteksi dari luar, Kaka Teteh juga perlu memperkuat daya tahan tubuh secara internal. 

Ketika musim kemarau tiba, mengkonsumsi makanan bernutrisi dengan gizi seimbang menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menjaga tubuh sehat karena dapat meningkatkan daya tahan dari berbagai ancaman penyakit yang mengancam.

Kaka Teteh bisa memulai perjalanan hidup sehat di musim kemarau ini dengan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk bali, stroberi, tomat, melon, hingga mangga. 

Selain cocok untuk menghilangkan dahaga, sejumlah buah tersebut juga mengandung berbagai vitamin penting seperti A, B, E, dan masih banyak lagi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Belum sampai disitu saja, sayuran juga menjadi salah satu hidangan yang tidak bisa dilewatkan karena menyuguhkan berbagai vitamin untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Kaka Teteh bisa menikmati timun, kembang kol, tomat, brokoli, hingga jagung yang bisa dimasak menjadi makanan nikmat dengan nutrisi lengkap.

4. Olahraga Secara Teratur di Dalam Ruangan

Tips terakhir untuk menjaga tubuh sehat di musim kemarau adalah dengan berolahraga secara teratur.

Seperti yang kita ketahui, olahraga memang merupakan suatu upaya untuk menjaga kebugaran namun di suhu panas, kita tidak bisa sembarangan melakukan aktivitas fisik karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan seperti sakit kepala, pingsan, bahkan mengalami heatstroke.

Oleh karena itu, Kaka Teteh bisa tetap berolahraga di lokasi indoor seperti ruangan rumah maupun tempat gym dengan sejumlah tipe aktivitas seperti yoga, latihan beban, skipping, bahkan mengikuti berbagai tutorial senam yang bisa ditemukan melalui platform Youtube. 

Dengan begitu, Kaka Teteh tetap bisa berkeringat tanpa perlu berpaparan dengan sinar UV.

Itu dia sejumlah cara jitu untuk menjaga tubuh sehat dikala musim kemarau berlangsung. (erksfm.id)

Semoga Bermanfaat..!!!


1 komentar:

  1. Untuk menghindari gempa 7 mag tsunami gunung berapi masyarakat Indonesia terapkan Al-Quran 100% 29 Agustus 2023. To avoid an more mag 7 earthquake tsunami volcano Indonesians to apply the Quran 100% August 29, 2023.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.