Bacaleg PAN Pamungkas Siapkan Program Bantu Pelaku UMKM Pandeglang

Bacaleg Daerah Pemilihan (Dapil) 5 dari Partai Amanat Nasional (PAN), Pamungkas Umar Rachmat.

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Pamungkas Umar Rachmat, Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN), menaruh perhatian penuh kepada rakyat kecil khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berbagai program dibuat untuk membantu masyarakat.

 

“Untuk program kita mempunyai visi misi menerapkan sistem UMKM berbasis aplikasi online dan offline yang ada di kabupaten Pandeglang sendiri, karena wisata itu sangat berpotensi untuk UMKM jadi dengan adanya pengembangan desa wisata penghasil kerajinan oleh-oleh ataupun makanan lokal khas Pandeglang, nanti kita coba angkat untuk bisa terima di pasar pariwisata,” kata Pamungkas.

 

Pria berusia 36 tahun ini menuturkan, terdapat banyak potensi dari sektor UMKM untuk lebih dikembangkan di wilayah pariwisata Pandeglang. Namun, masih banyak pelaku usaha yang belum mengerti bagaimana strategi mengembangkan bisnis UMKM khususnya di era digital dan offline berbasis usaha kecil menengah.

 

“Era digitalisasi sekarang perlu adanya penyesuaian pelaku usaha kecil untuk menangkap trend perdagangan UMKM yang serba aplikasi digital. Masyarakat harus di bekali pemahaman banyak tentang aplikasi, apalagi sekarang serba online. Jadi kita mengadakan pelatihan-pelatihan melalui bimtek (bimbingan teknis). Kita ajarkan gimana caranya memasarkan produk dari hulu ke hilir lewat online dan offline,” ujarnya.

 

Pamungkas yang lahir di Kota Cilegon ini menambahkan, menjadi Bacaleg di Daerah Pemilihan (Dapil) 5 yang meliputi Kecamatan Carita, Labuan, Pagelaran, Patia dan Sukaresmi merupakan salah satu cara untuk lebih efektif dalam membantu mengembangkan potensi masyarakat Pandeglang.

 

Baca: Mobil Damkar BPBD-PK Terguling Saat Hendak ke Lokasi Kebakaran

 

Baca: Kekeringan Makin Meluas, Warga Angsana Antre Air Bersih

 

Apalagi ia sendiri telah terdaftar dalam Daftar Calon Sementara (DCS) dengan nomor urut 1 yang membuat motivasinya semakin tinggi untuk membantu mengembangkan dan mensukseskan UMKM Pandeglang sebagai kota pariwisata.

 

“Ada program kita bikin aplikasi namanya Sahabat Pamungkas. Aplikasi itu untuk cara penggunaan aplikasi digital ini, jadi produk dari masyarakat yang terhimpun di aplikasi ini terus kita berdayakan ibu-ibu mungkin bisa dari PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) kita sosialisasikan untuk berjualan di wilayah Carita maupun Pandeglang,” terang Pamungkas.

 

Ketua Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi di Kota Cilegon ini juga mengaku mendambakan Kabupaten Pandeglang dapat bersaing dengan daerah lainnya di Banten seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui sektor UMKM.

 

“Saya ingin memajukan Pandeglang karena sedikit kurang berkembang, nah makanya kita adakan program-program kewirausahaan terutama di UMKM untuk mendongkrak biar produk masyarakat itu bisa diberdayakan untuk dijual ke pariwisata maupun tingkat nasional,” tutur Pamungkas.

 

Adapun program ini akan ditujukan bagi masyarakat di Kabupaten Pandeglang. Tidak hanya untuk kelompok UMKM, program ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat umum dan kelompok marjinal. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.