KPU Pandeglang Target Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen di Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang saat acara Kirab Pemilu 2024 di Alun-alun Pandeglang, Senin (11/09/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menargetkan partisipasi pemilih mencapai 80 persen pada Pemilu 2024. Untuk mencapai target tersebut, KPU bakal menyasar segmen pemilih pemula atau pemilih milenial.

 

Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Nunung Nurazizah menuturkan, segmen pemilih pemula dan pemilih muda menjadi segmen terbesar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 dari total 996.127 DPT.

 

Diketahui, jumlah DPT ini terdiri atas pemilih laki-laki sebanyak 511.805 jiwa dan 484.322 pemilih perempuan yang tersebar di 3.759 TPS.

 

DPT untuk pemilih kali ini lebih banyak dibanding pemilu sebelumnya, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang tercatat sebanyak 904.782 pemilih. Namun bila dibandingkan dengan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang dikeluarkan KPU bulan Mei lalu, angkanya berbeda tipis, hanya berkurang sekitar 1.364 pemilih.

 

“Target kami ini 80 persen. Lumayan tinggi, makanya harus dibantu oleh seluruh pihak,” kata Nunung, Senin (11/09).

 

Hal ini dikatakan Nunung kepada Krakatau Radio saat kegiatan Kirab Pemilu 2024 yang berlangsung di Kabupaten Pandeglang, mulai Senin 11 September sampai dengan Minggu 17 September 2023.

 

Ia berharap dengan Kirab Pemilu, masyarakat dapat mengenal peserta dan mampu meningkatkan partisipasi dalam Pemilu 2024.

 

“Untuk sejauh ini karena ini adalah sosialisasi peserta pemilu jadi masyarakat mengetahui para peserta pemilu atau pengantin dari pesta kita. Silakan itu setelah mengetahui mereka mulai mendalami gitu kira-kira pilihannya yang mana. Jadi kami sudah ekspose dulu nih 18 partai politik yang akan ikut kontes di 2024,” ujarnya.

 

Baca: Siap-siap! Polres Pandeglang Gelar Operasi Zebra Maung Mulai Hari Ini

 

Baca: KPU Pandeglang Siap Sukseskan Kirab Pemilu 2024

 

Dengan mengenal Parpol peserta Pemilu, lanjutnya, masyarakat juga dapat mempelajari partai mana yang akan mereka nanti pilih.

 

“Setidaknya kewajiban kami adalah untuk mensosialisasikan itu, hal pilihan itu tergantung kepada pribadi masing-masing yang penting kami sudah menginformasikan,” tutur dia.

 

KPU juga menyasar segmen pemilih pemula dalam Kirab Pemilu 2024. Beberapa agenda dalam rangkaian kegiatan Kirab Pemilu 2024 di Pandeglang diantaranya sosialisasi tatap muka pemilih pemula di 126 SMA sederajat dengan jumlah total target sasaran sebanyak 39.187 siswa.

 

Baca: Formasi PPPK Hanya Bagi Sektor Guru dan Nakes, Honorer Teknis di Pandeglang Kecewa

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menuturkan, momentum Pemilu 2024 ini menjadi momen yang istimewa bagi seluruh lapisan masyarakat, karena Pemilu menjadi sarana bagi rakyat untuk memilih, menyatakan pendapat melalui suara.

 

“Partisipasi masyarakat sebagai bagian penting dari negara sehingga turut serta dalam menentukan haluan negara,” ucap Irna.

 

Bupati juga mengatakan, setelah serah terima bendera kirab Pemilu ini akan digelar gelar sosialisasi edukasi kepada seluruh rakyat masyarakat Pandeglang yang tujuannya untuk mensukseskan angka partisipasi.

 

“Semoga dampak dari sosialisasi ini masyarakat berduyun-duyun untuk mendatangi TPS agar bisa menunaikan hak suaranya,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.